Buat Para Coffee Lovers, 5 Wisata Kebun Kopi Ini Bakal Bikin Pengalaman Ngopi Kamu Makin Nikmat

Kopi sudah menjadi bagian dari gaya hidup sebagian orang di dunia. Memiliki citra rasa yang khas dalam setiap tegukannya menjadikan kopi sebagai minuman favorit banyak orang.

Bila kamu salah satu pencinta kopi, kamu setidaknya harus datang ke 5 objek wisata dari sekian banyak agrowisata kopi di Indonesia berikut ini.

1. De Karanganjar Koffieplantage (Blitar)

Kebun kopi yang satu ini memiliki kafe dengan arsitektur kuno khas Belanda. De Karanganjar Koffieplantage ini terletak di Blitar, Jawa Timur. Tak hanya duduk cantik di café kamu juga bisa menikmati pengalaman tur di pabrik kopi yang telah ada semenjak masa penjajahan Belanda tersebut. 

De Karanganjar Koffieplantage buka setiap hari dari pukul 08.00-17.00 WIB dan mematok tarif sebesar Rp15.000,- saja sebagai tiket masuk.

2. Satria Agrowisata (Bali)

Bila kamu tengah berada di Bali dan kebetulan adalah seorang pencinta kopi, jangan lewatkan untuk mengunjungi Satria Agrowisata.

Di sana terdapat beragam jenis kopi yang bisa kamu nikmati mulai dari robusta hingga kopi luwak. Kamu juga bisa melihat pengolahan kopi yang masih tradisional di sini.

Agrowisata ini buka sejak pukul 09.00-18.00 WITA. Untuk dapat masuk ke objek yang satu ini, kamu cukup membayar sebesar Rp50.000,- saja.

3. Kampoeng Kopi Banaran (Semarang)

Kampoeng Kopi Banaran merupakan salah satu agrowisata yang dinaungi langsung oleh PT. Perkebunan Nusantara IX. Bila kamu ingin menyaksikan bagaimana kopi diolah datang saja ke Kampoeng Kopi Banaran yang terletak di Desa Gemawang, Kec. Jambu, Kab. Semarang.

Selain itu, di tempat ini kamu juga bisa menikmati koleksi dan pengolahan kopi dari kebun hingga menjadi kopi siap saji di Museum Kopi Banaran. Bila kamu ingin menikmati secangkir kopi kamu juga bisa memesannya langsung di kafe.

Kampoeng Kopi Banaran sendiri buka setiap hari mulai pukul 07.00-21.00 WIB. Sementara museumnya buka dari pukul 07.00-14.00 WIB.

Untuk masuk ke museumnya kamu harus membayar sebesar Rp5.000,- dan ekstra Rp20.000,- bila tertarik melihat proses pengolahan kopi.

4. Alas Harum Agroturism (Bali)

Satu lagi agrowisata kopi yang ada di Bali. Alas Harum Agroturism memadukan antara keindahan alam yang masih alami dipadukan dengan beberapa spot dengan sentuhan kekinian; membuat Alas Harum Agroturism layak banget kamu datangi.

Tidak hanya instagramable, kamu juga bisa melihat secara langsung proses pembuatan kopi luwak dari awal sampai akhir. Alas Harum Agroturism buka mulai pukul 07.30-19.00 WITA.

Agar dapat menikmati semua fasilitas yang telah disediakan, kamu harus membeli paket wisata sebesar Rp100.000,-.

5. Wisata Alam Kebun Kopi Senaru (Lombok)

Wisata yang cocok kamu sambangi sebagai seorang pencinta kopi adalah kebun kopi Senaru. Lokasi wisata kebun kopi ini terletak di dekat jalur pendakian menuju gunung Rinjani, Lombok. Selain dapat menikmati keindahan kebun kopi, kamu juga bisa menengok keelokan air terjun dari atas ketinggian.

Karena memang objek wisata alam, maka tidak ada jam kunjung tertentu sehingga kamu bisa datang sewaktu-waktu. Kabar baiknya lagi tidak diberlakukan tiket masuk ketika kamu ingin datang ke objek wisata yang satu ini.

(disadur dari idntimes.com/Annisa Nur Fitriani)

Portal Media Entertainment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
error

LIONTIVI Portal Media Entertainment