Bukan Main Indahnya, Ini Dia 5 Destinasi Wisata Unggulan Banjarnegara

Keindahan tempat wisata yang berada di provinsi Jawa Tengah memang tidak bisa dipungkiri lagi. Setiap daerahnya selalu memiliki tempat wisata unggulan yang menjadi favorit wisatawan dan kebanggaan tersendiri bagi warga lokal termasuk daerah Banjarnegara.

Selain dikenal memiliki kuliner khas dawet ayu yang sangat nikmat, ternyata Banjarnegara juga memiliki beberapa tempat wisata terbaik seperti berikut ini. 

1. Waduk Mrica

Waduk Mrica atau yang juga dikenal dengan Bendungan Panglima Besar Jenderal Soedirman ini berlokasi di Kecamatan Bawang, Banjarnegara. Waduk ini difungsikan sebagai alat Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

Memiliki pemandangan alam yang bagus dan eksotis terlebih lagi saat sore hari, maka tidak mengherankan jika tempat ini menjadi spot bagus untuk berfoto ria.

Jika kamu kebetulan sedang main ke daerah Jawa Tengah dan merasa bosan dengan Solo, Semarang, atau Yogyakarta, maka tak ada salahnya kamu main sejenak di Banjarnegara.

2. Kawah Sileri

Kawah Sileri berlokasi di sebelah bawah jalur menuju pemandian air panas Bitingan.

Dalam perjalanan menuju kawah ini para pengunjung akan menjumpai banyak asap akibat pengeboran untuk Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU).

Penamaan Sileri berasal dari Bahasa Jawa yang berarti air sisa basuhan beras atau leri. Hal ini dikarenakan air dalam kawah tersebut sangat kotor dan menyerupai leri.

3. Sumur Jalatunda

Pemberian nama Jalatunda pada sumur ini bermakna bahwa kita tidak boleh menunda-nunda dalam melakukan sesuatu yang baik. Berdasarkan sejarah, konon katanya sumur ini terbentuk akibat letusan maha dahsyat dari gunung purba Dieng ratusan tahun yang lalu.

Lebar sumur ini sekitar 30 meter dengan kedalaman yang tidak diketahui. Bahkan kabarnya kedalaman sumur Jalatunda sampai ratusan hingga ribuan meter. Wow! Wisatawan yang ingin mengunjungi tempat wisata ini dikenakan tarif masuk sekitar Rp5.000 hingga Rp10.000.

4. Telaga Dringo

Dringo merupakan tanaman yang tumbuh secara alami di sekeliling telaga, sehingga telaga ini dinamakan telaga Dringo. Pemandangan di telaga ini sangat mempesona dan mampu membius mata para pengunjung. Biasanya para pengunjung juga akan bermalam dan berkemah di sekitar telaga.

Untuk mengunjungi telaga ini kamu diharuskan menempuh jalan berupa tanah dan bebatuan.

5. Curug Sirawe

Curug Sirawe yang terletak di Desa Bitingan Kecamatan Batur, Banjarnegara ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter. Air yang jatuh dari Curug Sirawe menimpa bebatuan di bawahnya yang akhirnya membentuk kolam kecil.

Suasana sejuk begitu terasa disini yang membuat pengunjung bisa merasa tenang menikmati pemandangan yang ada.

(disadur dari idntimes.com)

liontivi

Media Berita Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *