Cacar Monyet Sudah Masuk RI, Waspada Gejala Ini Pada Alat Kelamin!

Sharing is caring

Munculnya virus monkeypox atau cacar monyet telah menyita perhatian dunia. Pasalnya virus ini sudah menyerang hampir di 100 negara, tidak terkecuali Indonesia.

Di Indonesia, pasien pertama yang terkena cacar monyet merupakan seorang pria berusia 27 tahun dari Jakarta. Pria ini ternyata memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri dan mengeluhkan sejumlah gejala.

Gejala tersebut meliputi demam, muncul ruam di area wajah, ruam di telapak tangan dan kaki, pembesaran kelenjar bahkan hingga ruam di area alat genitalia.

Gejala Cacar Monyet di Area Alat Kelamin

Termasuk dalam jenis penyakit zoonosis, yang dapat ditularkan dari hewan ke manusia dan termasuk dalam golongan penyakit endemik. 

Awalnya penyakit endemik ini hanya ada di daerah hutan hujan tropis Afrika Barat dan Tengah. Akan tetapi, kini sudah mulai menyebar ke seluruh dunia sehingga sudah bukan termasuk penyakit endemik lagi.

Gejala yang dirasakan oleh penderita biasanya akan dimulai dengan gejala seperti orang akan flu. Mulai dari demam, nyeri otot, sakit kepala, kedinginan, lelah hingga pembengkakan getah bening. Setelah itu muncul ruam yang menyakitkan dan cepat menyebar ke seluruh tubuh.

Akan tetapi, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat melaporkan bahwa saat ini gejala cacar monyet tidak seperti pada umumnya. Sebab, pada beberapa pasien ruam yang ada menyebabkan nyeri pada rektum dan anus.

Terjadi peradangan pada lapisan rektum (proctitis) yang menyakitkan dan memberikan sensasi harus buang air besar ketika usus dalam keadaan kosong (tenesmus).

WHO pun turut menegaskan bahwa cacar monyet bukanlah penyakit menular seksual. Akan tetapi, dapat ditularkan ketika melakukan hubungan seksual, seperti oral, anal dan vagina maupun menyentuh alat kelamin dan anus penderita cacar monyet.

Tidak hanya itu saja, siapapun yang menyentuh, memeluk, memijat hingga berbicara jarak dekat pun memiliki resiko tertular. Sekalipun hanya menyentuh kain atau benda saat melakukan hubungan seks. Seperti handuk, tempat tidur dan mainan seks.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.