Dari Candi sampai Bangunan Vintage, Berikut 5 Lokasi Wisata Kota Solo yang Hype Abis!

Gak kalah dengan tetangganya, yaitu Jogja, Solo yang merupakan kota kecil di Jawa Tengah ini, juga memiliki banyak tempat wisata yang menarik lho guys! Mulai dari wisata alam, candi, hingga wisata-wisata baru yang kekinian dan hist abis.

Nah, berikut ini ulasan 5 tempat wisata paling hits di Solo, yang wajib buat kamu kunjungi jika sedang berada di kota kelahiran Presiden Republik Indonesia ini, yaitu Presiden Joko Widodo. Selamat berlibur ya! 

1. Candi Prambanan

Nah, ini dia wisata paling hits di Solo yang wajib kamu kunjungi pertama kali, yaitu Candi Prambanan. Candi yang terletak di pinggiran jalan raya antara Kota Solo dan Jogja ini, merupakan destinasi wisata yang paling terkenal di Jawa Tengah.

Candi yang terkenal dengan kisah Ratu Jonggrang yang meminta dibuatkan 1000 candi pada Bandung Bondowoso, sebagai syarat untuk bisa menikahinya ini, memiliki sejuta pesona yang bisa membuat para wisatawan terkagum-kagum dibuatnya.

Selain dapat menikmati keindahan candinya yang sangat mempesona, para wisatawan juga dapat menyaksikan pertunjukan sendratari Ramayana, yang biasanya ditampilkan pada saat musim kemarau.

Nah, untuk bisa menikmati keindahan Candi peninggalan agama Hindu ini, kamu cukup mengeluarkan kocek sekitar Rp40 ribu per orang. Namun untuk harga tiket masuk wisatawan asing, sedikit lebih mahal yaitu Rp75 ribu per orang.

2. Watu Cenik

Solo juga memiliki wisata balon udara di Watu Cenik. Di sini, kamu bisa bebas berselfie ria di berbagai spot foto yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Bahkan kamu juga bisa lho, berfoto dengan background Waduk Gajah Mungkur dari atas ketinggian.

Selain balon udara, di Watu Cenik juga tersedia spot selfie yang gak kalah kerennya, seperti ornamen berbentuk hati, pathwalk, dan spot-spot keren lainnya.

Di wisata Watu Cenik ini, kamu juga bisa menyaksikan keindahan sunrise dan juga sunset dari atas ketinggian. Nah, untuk harga tiket masuknya juga murah meriah lho guys, yaitu sekitar Rp5 ribu per orang. Wah, recommended banget nih buat tempat berlibur di akhir pekan!

3. Jumog Waterfall

Jumog Watelfall  atau Air Terjun Jumog merupakan salah satu wisata yang paling hits di Solo. Air terjun setinggi 25 meter ini, berada di Kabupaten Karanganyar, dengan jarak sekitar 41 km dari Kota Solo.

Pemandangan alam yang dimiliki Air Terjun Jumog ini sangat mempesona, dengan debit air yang tidak terlalu deras, sehingga para pengunjung bisa bebas bermain air di sekitar air terjunnya. Para pengunjung juga bisa berenang di kolam renang yang disediakan pihak pengelola di sekitar lokasi air terjunnya.

Selain itu, bagi para pengunjung yang gemar berpetualang, juga tersedia wisata adventure tebing, dimana para pengunjung bisa menyusuri sungai dengan menggunakan ban. Untuk harga tiket masuknya juga murah meriah, yaitu sekitar Rp5.000/orang.

4. The Lawu Park

Nah, ini dia salah satu wisata kekinian yang sedang hits di Solo, yaitu destinasi wisata The Lawu Park. Destinasi wisata yang berada di bawah kaki Gunung Lawu ini, mulai dibuka untuk umum dari pertengahan tahun 2018 lalu. Fasilitas yang dimiliki The Lawu Park sudah lumayan lengkap meski tergolong masih baru.

Wisata yang memiliki konsep family resto dan resort ini menyediakan berbagai macam fasilitas yang menarik, seperti obyek-obyek foto yang kekinian, restoran, penginapan seperti cottage, glamping, tenda, kolam renang, kebun strawberry, Jembatan Waiting Ati, Taman Pawon Sewu, Miniatur Ka’bah, dan masih banyak lagi.

Dengan banyaknya fasilitas yang dimiliki oleh wisata The Lawu Park ini, siapa sangka kalau tiket masuknya gratis! Yap, recommended banget buat tempat berlibur di tanggal tua!

5. The Heritage Palace

Selain The Lawu Park, juga ada wisata kekinian lainnya di Solo, yaitu The Heritage Palace. The Heritage Palace ini, dulunya adalah bangunan bekas pabrik gula gomblongan, yang merupakan pabrik gula pada zaman kolonial Belanda, karena itulah arsitektur di The Heritage Palace ini kental dengan arsitektur bangunan Eropa di abad ke-18.

Wisata kekinian yang jaraknya sekitar 10km dari Kota Solo ini, menyajikan berbagai macam hiburan yang menarik, seperti Outdoor Garden, Museum 3D, Museum transportasi, dan berbagai macam hiburan menarik lainnya.

Untuk harga tiket masuknya juga terjangkau, yaitu mulai dari Rp45.000/orang hingga Rp65.000/orang untuk tiket terusan. Tertarik untuk mengunjunginya?

(disadur dari idntimes.com)

liontivi

Media Berita Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.