Di Rumah Aja dengan yang Terkasih di Suasana Hari Kasih Sayang? Sambil Bikin Red Velvet Macaron Yuk!

Masih di suasana hari kasih sayang, jika kamu dan pasangan bingung mau jalan-jalan keluar karena cuaca yang sedang tidak menentu, kenapa tidak menghabiskan waktu di rumah sambil menonton film atau kegiatan seru lainnya?

Quality time bersama yang terkasih juga bisa sambil menikmati cookies red velvet macaron, yang cocok banget buat suguhan di suasana Valentine! Kayak apa cara buatnya?

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Bahan utama:

  • 70 gram putih telur
  • 40 gram gula kastor
  • 50 gram kacang almond bubuk
  • 70 gram gula halus
  • 10 gram bubuk cokelat
  • 3 sdt bubuk red velvet

Bahan cream cheese:

  • 200 cream cheese
  • 75 gram unsalted butter
  • 100 gram gula halus
  • 2 sdt air perasan lemon
  • 1 sdt ekstrak vanila

2. Kocok putih telur hingga berbusa dan mengental

Siapkan food processor, lalu masukkan bubuk kacang almond, gula halus, dan bubuk cokelat ke dalamnya. Proses semua bahan tersebut hingga halus dan tercampur merata. Saring hingga halus dan sisihkan sebentar.

Dalam wadah yang berbeda, tuang putih telur dan kocok menggunakan mixer hingga berbusa. Masukkan gula kastor secara sedikit demi sedikit. Kocok terus hingga mengental dan berwarna putih bersih.

3. Campur adonan kering dengan adonan putih telur

Tambahkan bubuk red velvet ke dalam adonan putih telur, lalu kembali kocok dengan mixer hingga merata dan berubah warna. Campurkan bahan adonan kering ke dalam adonan putih telur.

Aduk semua bahan dengan perlahan menggunakan spatula hingga teksturnya kental dan lembut. Cara mengetahuinya, kamu bisa mengangkat adonan. Kalau jatuhnya mengalir lambat dan kental, berarti konsistensi adonan sudah baik.

4. Cetak adonan dan panggang hingga matang

Masukkan adonan red velvet ke dalam pipping bag, lalu mulailah mencetak macaron di atas loyang yang dilapisi baking paper. Lakukan hingga adonannya habis, lalu diamkan adonan yang telah dicetak selama 45 menit.

Kemudian, panaskan oven hingga bersuhu 140 derajat Celsius. Jika sudah panas, masukkan loyang dan panggang macaron selama 30 menit atau hingga matang.

Jika dirasa sudah matang, keluarkan dan lepaskan baking paper dari loyang. Biarkan mendingin dulu.

5. Berikan cream cheese untuk melekatkan macaron

Sambil menunggu macaron dingin, buatlah isian cream cheese-nya. Masukkan cream cheese, unsalted butter, gula halus, air perasan lemon, dan ekstrak vanila ke dalam sebuah wadah.

Selanjutnya, mixer hingga tercampur rata dan lembut. Masukkan ke dalam pipping bag.

Setelah itu, berikan isian krim itu untuk merekatkan macaron. Lakukan hingga semua macaron dan cheese cream habis. Masukkan macaron yang sudah jadi ke dalam lemari es. Disajikan saat dingin bakal lebih nikmat, lho.

(disadur dari idntimes.com/Naufal Al Rahman)

Portal Media Entertainment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
error

LIONTIVI Portal Media Entertainment