Didakwa atas Pelanggaran Politik Uang, Presenter sekaligus Caleg DPR Mandala Shoji Divonis Tiga Bulan Penjara

Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menjatuhkan vonis hukuman tiga bulan penjara dan denda Rp5 juta subsider 1 bulan kurungan terhadap calon anggota legislatif DPR dari PAN dan juga artis Mandala Shoji, Senin, 21 Januari 2019.

Jaksa penuntut Sigit Hendradi mengatakan Mandala divonis atas perkara pelanggaran pemilu. “Mandala didakwa atas pelanggaran politik uang,” kata Sigit saat dihubungi, Selasa, 22 Januari 2019.

Ia menuturkan Mandala terbukti membagikan kupon berhadiah yang akan diundi kepada warga yang ditemuinya di Pasar Kaget Rawajati, Pancoran, Jakarta Selatan, Minggu pagi, 11 November 2018.

Kupon tersebut menjanjikan hadiah umroh bagi warga yang beruntung jika nomor undiannya terpilih. Warga pun dicatat identitasnya untuk pengundian. Di nomor undian yang terdapat identitas warga tertera nomor kontak Whatsapp, alamat akun facebook dan instagram Mandala.

“Di kupon itu ada gambar Mandala dan pedoman pencoblosan,” ujarnya. “Potongan kupon itu juga diminta agar dibawa saat pencoblosan untuk panduan.”

Dalam perkara ini, Mandala dijerat Pasal 523 ayat 1 junto 280 ayat 1 huruf j Undang-Undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu.

Sebelumnya, Mandala juga pernah dijatuhkan hukuman di Pengadilan Jakarta Pusat. Saat itu, Hakim menjatuhkan hukuman tiga bulan penjara dan denda Rp5 juta subsider 1 bulan kurungan terhadap Mandala Shoji dan Lucky Andriyani. Lucky merupakan caleg DPRD DKI Jakarta asal PAN.

Keduanya dinyatakan terbukti bersalah melakukan tindak pidana pemilihan umum. Perkara bermula saat Mandala Shoji dan Lucky Andriyani melakukan tatap muka dengan warga di Pasar Gembrong Lama Jakarta Pusat pada Jumat, 19 Oktober 2018. Dalam kunjungan itu, keduanya didampingi oleh tim sukses yakni Zaki Almuzaki, Muhammad Farhan Mubina, dan M Abdul Rahim.

Anggota tim sukses tersebut lantas memberikan kupon umrah yang dicetak dan membagikan hadiah umrah kepada peserta kampanye.

 

Instagram @mandala_abadi_shoji

 

(disadur dari tempo.co)

liontivi

Media Berita Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *