Divonis 3 Tahun Penjara, Olivia Nathania Akan Ajukan Banding

Sharing is caring

Olivia Nathania divonis 3 tahun penjara oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan terkait kasus penipuan penerimaan CPNS. Dalam putusannya, hakim menilai putri Nia Daniaty tersebut terbukti bersalah melanggar Pasal 378 jo Pasal 65 KUHP tentang Penipuan.

Dalam pertimbangannya, hakim mengatakan, ada hal-hal yang meringankan dan memberatkan Olivia Nathania sehingga dijatuhkan vonis tiga tahun pidana penjara.

“Hal yang memberatkan meresahkan masyarakat dan menimbulkan ketidakpercayaan masyarakat terhadap instansi terkait,” ujar Abu Hanafiah.

Selain itu, hal yang memberatkan lain karena Olivia Nathania telah menimbulkan kerugian hingga ratusan juta rupiah kepada para korban.

“Hal yang meringankan terdakwa jujur mengakui, terus terang, menyesali perbuatan dan berjanji tidak akan mengulangi lagi,” kata Abu Hanafiah lagi.

Vonis hakim tersebut lebih ringan daripada tuntutan jaksa penuntut umum (JPU). Sebelumnya, JPU menuntut Olivia Nathania dihukum pidana penjara selama 3,5 tahun.

Olivia Nathania melalui pengacaranya Andy Maulia Siregar akan mengajukan banding.

“Kami sangat menghargai apa yang disampaikan pengadilan karena itu merupakan putusan, kita harus hargai. Tapi kami merasa ada berapa pertimbangan yang tidak dilakukan dengan tepat, itu akan kita ajukan upaya hukum banding,” ujar kuasa hukum Olivia Nathania, Andy Mulia Siregar, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (28/3/2022).

“Seperti alasan yang sudah kita sampaikan. Berupa pengembalian yang sudah dikembalikan ternyata itu tidak dijadikan pertimbangan oleh majelis Hakim,” sambungnya.

liontivi

Media Berita Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.