Doyan Menikmati Keindahan Laut Beserta Terumbu Karangnya? 5 Lokasi Ini Wajib Dikunjungi

Salah satu hal yang menjadi daya tarik Indonesia di mata turis turis asing adalah keberadaan terumbu karangnya. Indonesia merupakan negara kepulauan yang garis pantainya begitu panjang dan tersebar merata dari Sabang sampai Merauke. Pantai di Indonesia juga banyak yang menjadi konservasi bagi kehidupan terumbu karang. Kehidupan terumbu karang di pantai-pantai tersebut terjaga keindahannya.

Mau tahu mana saja sih pantai di Indonesia yang menyimpan keindahan terumbu karang? Check this out!

 

1. Kabupaten Alor (Nusa Tenggara Timur)

Flores dalam bahasa Portugis berarti bunga. Pulau flores terletak di wilayah Nusa Tenggara Timur. Untuk pesona terumbu karangnya terdapat di Taman Laut 17 Pulau Riung. Taman Laut 17 Pulau Riung ini memiliki perairan yang dangkal dan tenang. Di sini terdapat banyak spesies terumbu karang lunak.

Sesuai namanya, taman nasional ini terdiri dari 17 pulau. Selain di Taman Laut 17 Pulau Riung, terumbu karang yang indah juga bisa ditemui di perairan Alor, di mana terdapat 71 titik tempat hidup terumbu karang yang kesemuanya sangat menawan untuk dikunjungi.

 

2. Wakatobi Regency (Sulawesi Tenggara)

Terletak di Taman Nasional Wakatobi yang ada di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, lokasi ini ditetapkan sebagai taman nasional pada tahun 2002.

Taman Nasional Wakatobi sendiri sudah terkenal sejak tahun 1995, lho! Itu karena pada saat itu diadakan ekspedisi Wallacea yang berhasil mengumpulkan data bahwa di Wakatobi ini terdapat 750 dari 850 spesies terumbu karang yang ada di seluruh dunia! Itu artinya, hampir 90 persen spesies terumbu karang yang ada di dunia, bisa di temui di Wakatobi ini. Terumbu karang di pantai Wakatobi dapat ditemui di 35 titik di garis pantai yang panjangnya mencapai 60 km lebih. Selain terumbu karang, juga ada 93 spesies ikan yang terdapat di dalamnya.

 

3. Kepulauan Raja Ampat (Papua Barat)

Raja Ampat terletak di sebelah barat kepala burung Pulau Papua. Taman laut Raja Ampat merupakan bagian dari taman nasional Raja Ampat yang terdiri atas 4 pulau. Pulau-pulau tersebut adalah Misool, Salawati, Bantata dan Walgeo.

Raja Ampat merupakan taman laut terluas di indonesia, serta merupakan 10 lokasi penyelaman terbaik di seluruh dunia. Di sini terdapat lebih dari 540 jenis terumbu karang, 1000 spesies ikan karang serta 700 spesies moluska. Dengan banyaknya keanekaragaman hayati di Raja Ampat ini, tidak heran banyak wisatawan dan para peneliti yang tertarik untuk datang.

 

4. Nusa Penida (Bali)

Nusa Penida merupakan pulau yang terletak di sebelah tenggara Bali. Di sekitar Nusa Penida ini ada juga pulai kecil lain yaitu Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan. Di Nusa Penida ini ada sekitar 200 spesies terumbu karang dan 500 spesies ikan yang hidup di perairan dangkal. Di areal seluas 200 km, Nusa Penida memiliki 20 titik penyelaman favorit, antara lain di Manta Point, Toyopakeh, Cristal Bay, Malibu Point serta Teluk Sauna.

Nusa Penida juga merupakan destinasi wisata penyelaman kelas internasional, lho. Semisal kalian belum mendapat lisensi sebagai penyelam, snorkeling di perairan dangkal di sekitar pulau Nusa Penida bisa jadi pilihan.

 

5. Pulau Bunaken (Sulawesi Utara)

Taman laut Bunaken ada di sebelah utara pulau Sulawesi dan masuk ke wilayah kota Manado. Di Bunaken kalian bisa menemui 390 spesies terumbu karang. Selain itu, ada juga spesies ikan-ikan langka, termasuk ikan purba, si raja laut choelacant.

Ada 12 titik yang menjadi favorit para turis untuk melakukan scuba diving yang mudah di jangkau dan letaknya berjajar dari tenggara hingga barat laut pulau Bunaken. Keindahan Bunaken juga terletak pada underwater great wall atau dinding-dinding karang raksasa yang berdiri vertikal. Untuk ke sana kalian hanya perlu melakukan perjalanan selama 30 menit naik speedboat.

 

 

(disadur dari iyakan.com)

liontivi

Media Berita Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *