Fenomena Spirit Doll, Boneka Bayi yang Diadopsi Kalangan Artis

Spirit doll atau boneka arwah ramai diperbincangkan masyarakat Indonesia setelah sebelumnya dipamerkan oleh artis Ivan Gunawan atau Igun. 

Tak hanya Ivan Gunawan, adapun nama-nama artis yang mengikuti tren ‘mengadopsi’ boneka bayi tersebut di antaranya Celine Evangelista, Norah Alexandra, hingga Sarwendah.

Spirit doll adalah boneka yang menyerupai bayi dan diperlakukan layaknya anak dengan diberi makan, berpakaian, dan dirawat setiap hari. 

Tak hanya Igun, sejumlah artis lainnya juga diketahui mengadopsi boneka bayi atau spirit doll.

Dikutip dari The Culture Trip, (11/12/2017) spirit doll mirip seperti boneka bayi dari Thailand yang disebut Luk Thep.

Luk Thep atau “Malaikat Anak” dalam bahasa Thailand adalah boneka bayi yang dipercaya dirasuki roh halus pembawa keberuntungan, dan kemakmuran.

Seperti spirit doll, Luk Thep diperlakukan layaknya bayi atau anak sungguhan, mulai dari diberi makan, pakaian, dan digendong.

Spirit doll dibanderol mulai dari ratusan ribu hingga ratusan juta rupiah.

Sspirit doll termahal adalah boneka princess (usia 5 tahun) dengan tinggi 33 inchi. Harganya sekitar Rp 103 juta. 

Psikolog dari Universitas Indonesia, A. Kasandra Putranto angkat bicara soal fenomena Spirit Doll yang kian heboh di tengah masyarakat.

Ia menilai bermain dengan spirit doll menjadi hal wajar apabila pemiliknya sadar bahwa yang mereka mainkan hanyalah berupa boneka.

Kendati demikian, menurutnya, apabila seseorang menganggap spirit doll sebagai anak atau teman maka hal itu bisa saja menjadi tanda seseorang mengalami delusi.

“Jika seseorang memperlakukan spirit doll-nya sebagai anak atau teman sendiri, maka ada kemungkinan sang pemilik mempunyai gangguan mental atau delusi,” ucap Kasandra.

Dan yang paling penting, sang pemilik tahu bahwa spirit doll yang dimainkannya adalah boneka dan tidak dapat menggantikan sosok anak maupun sosok manusia lainnya.

Meyakini spirit doll mempunyai kekuataan di luar nalar, menurutnya bisa menjadi pertanda seseorang memiliki gangguan mental.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengetahui penyebab seseorang bermain dengan spirit doll.

Apabila seseorang memilih spirit doll karena merasa kesepian maka orang di sekitarnya harus memberikan dukungan terhadapnya.

Kita bisa membantu untuk meningkatkan keterampilan sosialnya agar bisa menjalin pertemanan dan kedekatan dengan orang lain.

Jadi mencari tahu dan memahami penyebab utama seseorang memilih spirit doll adalah hal penting.

liontivi

Media Berita Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.