Ida Fauziah, Sosok Menteri Ketenagakerjaan yang Disegani Parlemen Seperti Ini Perjalanan Karirnya

Sharing is caring

Memiliki nama lengkap Drs. Hj. Ida Fauziyah yang lahir di Mojokerto, 16 Juli 1969. Perempuan berzodiak cance ini mengawali karir sebagai anggota DPR RI sejak 1999 dan menjadi anggota termuda karena masih berusia 29 tahun. 

Meskipun masih memiliki usia yang masih sangat muda, Ida tetap tampil percaya diri ketika didaulat memimpin sidang paripurna DPR RI masa bakti 1999-2004.

Perjalan Karir Politik Ida Fauziah

Pengalaman berorganisasi Ida di KORPRI PMII Jawa Timur menempatkannya sebagai perempuan percaya diri. Ida memiliki ciri khas dalam dirinya, sebagai sosok perempuan Jawa yang ideal karena kesantunan dan penampilannya. Akan tetapi, siapa sangka di balik semuanya ini, Ida memiliki tempat tersendiri di antara kawannya di PKB.

Ida Fauziah pernah dipercaya sebagai Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) DPR RI. Ida juga merupakan pendiri Kaukus Perempuan Parlemen dan ditunjuk mewakili FPKB menjadi salah satu ketua Kaukus.

Kini, Ida menjadi politisi perempuan yang cukup senior dan disegani di parlemen. Pasalnya Ida telah tiga periode berturut-turut masuk ke senayan, pengalaman dan dedikasinya membuat Ida semakin diperhitungkan dalam kancah politik nasional. 

Ida pun terpilih sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat Fatayat NU, sebuah badan otonom perempuan di bawah naungan Nahdlatul Ulama yang memiliki akar kuat hingga ke pelosok.

DPR RI periode sekarang, Ida dipercaya sebagai Wakil Ketua Badan Legislasi dan anggota Komisi II, yang membidangi otonomi daerah dan pertanahan. 

Ida bukan tipe wanita yang mudah menyerah meskipun kini ia mengemban tugas yang cukup berat. 

Kehidupan Pribadi Ida Fauziah

Ida menyelesaikan sekolah dasar di lingkungan pondok pesantren, ia adalah santriwati (santri perempuan) yang menempuh pendidikan menengah di Pesantren Bahrul Ulum, Tambakberas, Jombang, Jawa Timur. 

Sejak kecil hingga tingkat menengah atas dihabiskan Ida di lingkungan pesantren. Setelahnya ia menempuh jenjang Strata-1 di IAIN Sunan Ampel dan Strata-2 di Universitas Satyagama jurusan Ilmu Pemerintahan. 

Setelah berhasil menyandang gelar sarjana, Ida memulai karir dengan mengajar sebagai guru di MAPK Jombang selama lima tahun sejak tahun 1994 hingga 1999. Sebelum akhirnya Ida memutuskan untuk terjun ke dunia politik.

Ida Fauziah merupakan anak dari pasangan pasangan (alm) H. Syahroni dan Hj. Musarofah. Kemudian menikah dengan H. Taufiq Abdullah Taufiq R. Abdullah. Taufiq merupakan sosok pria yang juga merupakan kalangan nahdliyin.

Taufiq pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Sekjen PBNU. Dari pernikahannya ini Ida telah dikaruniai dua orang anak bernama Syibly Adam Firmanda dan Adil Haq Firmanda. 

Fakta Menarik Ida Fauziah

Ada beberapa fakta yang menarik perhatian dari sosok Ida Fauziah untuk diketahui, diantaranya :

  • Ida menjadi salah satu anggota DPR terlama pasca era reformasi bergulir. Tercatat sudah lebih dari 20 tahun berkecimpung di dunia politik sejak 1999 hingga kini.
  • Ida sebagai mantan guru SMA selama lima tahun sejak tahun 1994 – 1999.
  • Memiliki pasangan hidup dalam satu profesi. Satu atap satu profesi, begitulah adanya Ida Fauziah yang bersuamikan H. Taufiq R. Abdullah yang juga sesama anggota DPR dari partai yang sama, PKB.
  • Mencapai Gelar Doktor di tanggal kelahirannya. Pada tanggal 16 Juli, tepat di usianya ke 51 Ida Fauziyah mendapatkan kado istimewa dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri dengan promosi gelar Doktor Bidang Ilmu Pemerintahan. Bermodalkan disertasi sejumlah konsep dan strategi baru mendorong implementasi kebijakan Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender (PUG) yang bermuara pada penguatan kapasitas perempuan terutama tingkat pendidikan warga negara Indonesia, khususnya kaum perempuan.
  • Ida Fauziah tercatat tidak memiliki beban hutang. Di antara kelima ‘Srikandi’ dalam kabinet Indonesia Maju Jokowi-Ma’ruf. Nama seorang Ida Fauziyah tercatat menjadi satu di antara kelima menteri wanita yang dinyatakan tak punya beban hutang.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.