Idap OCD Justru Bantu Rina Nose Hidup Rapi dan Bersih

Presenter Rina Nose kerap mendapat kritik karena memelihara anjing. Berbagai pertanyaan juga dilontarkan kepada dirinya, salah satunya mengenai caranya untuk menghindari air liur anjing.

Menurut Rina, menjaga kebersihan ketika memutuskan untuk memelihara anjing bukanlah masalah besar bagi dirinya.

“Jadi, kalau ada pertanyaan, ‘Gimana cara bersihin najisnya? Kan, repot harus mandi dan bersihin semuanya?’ Perlu Anda ketahui bahwa hal itu sungguh bukan masalah besar bagi saya. Kebersihan bukanlah hal yang merepotkan bagi saya,” tulis Rina dalam unggahan di akun Instagram miliknya, Kamis (11/6).

View this post on Instagram

Bagi saya memelihara anjing itu tidak lebih buruk dari memelihara hewan lainnya. Sebelum ada mereka, standar kebersihan di rumah kami sepertinya memang sudah jauh di atas standar orang-orang dengan tingkat kebersihan “normal”. . Jadi kalo ada pertanyaan “gimana cara bersihin najis nya? Kan repot harus mandi dan bersihin semuanya?”. Perlu anda ketahui bahwa hal itu sungguh bukan masalah BESAR bagi saya. KEBERSIHAN bukanlah hal yang merepotkan bagi saya. . Sedikit berbagi cerita.. Pertama kali saya datang ke Jakarta, belum punya hewan peliharaan aja, saya bisa mandi setiap kali saya merasa berkeringat😅 hal ini justru dianggap aneh oleh orang normal. Tata cara saya mandi pun malah sering membuat kulit saya kering karena saya berkali-kali memastikan bahwa sudah tidak ada kotoran yang menempel di setiap sela tubuh saya. . Ya, saya OCD (Obsessive Compulsive Disorder) yang merupakan gangguan mental yang mengharuskan saya memastikan segala sesuatu secara berulang-ulang, dan jika tidak dilakukan maka saya akan merasa cemas! Inilah yang saya lakukan dalam menjaga kebersihan kerapihan dan ke-sesuai-an dalam segala hal. . Mungkin ini turunan “genetik” dari Ibu saya. Atau mungkin juga karena Ibu saya terbiasa BERSIH dan RAPIH sejak saya masih kecil, jadi saya merasa bahwa BERSIH dan RAPIH itu adalah sebuah KEHARUSAN. . Saya akan merasa cemas ketika pergi ke toilet umum, saya akan membersihkan nya dengan alkohol berkali-kali. Saya bahkan bisa merasa cemas hanya karena melihat sobekan kertas atau sisa-sisa tisu yang terkena air di lantai. Saya akan cemas ketika melihat orang lain meninggalkan jejak kotor atau berantakan di suatu tempat. Inilah yang kemudian membawa masalah dalam diri saya ketika saya berada di tempat umum dan berhubungan dengan orang lain. . Ini sedikit cerita tentang bagian diri saya yang tidak banyak diketahui publik. Jadi kalo ada yang mempertanyakan kebersihan saya dan rumah saya karena saya memelihara anjing, justru sebaliknya saya yang akan mempertanyakan KEBERSIHAN kalian walaupun kalian tidak memiliki binatang peliharaan😅 . Anyway, silahkan geser 👉 untuk melihat betapa menggemaskannya mereka @pickle_pumpkin_popcorn 😍❤️

A post shared by Rina Nose (@rinanose16) on

Rina Nose mengatakan, ketika pertama kali datang ke Jakarta dan belum memiliki hewan peliharaan, ia bisa mandi setiap kali merasa berkeringat. Ketika mandi, perempuan 36 tahun ini berkali-kali memastikan bahwa sudah tidak ada kotoran yang menempel di bagian tubuhnya.

“Tata cara saya mandi pun malah sering membuat kulit saya kering,” tulis Rina.

Rina lantas mengungkapkan bahwa dia adalah pengidap Obsessive Compulsive Disorder (OCD). Mengidap OCD membuat perempuan kelahiran Bandung itu harus memastikan segala sesuatu secara berulang-ulang.

“Dan, jika tidak dilakukan, maka saya akan merasa cemas! Inilah yang saya lakukan dalam menjaga kebersihan, kerapihan, dan kesesuaian dalam segala hal,” tulis Rina.

“Mungkin ini turunan ‘genetik’ dari ibu saya. Atau mungkin juga karena ibu saya terbiasa bersih dan rapi sejak saya masih kecil, jadi saya merasa bahwa bersih dan rapi itu adalah sebuah keharusan,” lanjutnya.

Lantaran mengidap OCD, Rina akan merasa cemas ketika pergi ke toilet umum. Sebelum menggunakannya, dia akan membersihkannya berkali-kali dengan alkohol.

Selain itu, Rina bisa merasa cemas hanya karena melihat sobekan kertas atau sisa-sisa tisu yang terkena air di lantai. Dia juga cemas jika melihat orang lain meninggalkan jejak kotor di lantai.

“Inilah yang kemudian membawa masalah dalam diri saya ketika saya berada di tempat umum dan berhubungan dengan orang lain,” tulis Rina.

Mengenai dirinya yang mengidap OCD ini diungkap Rina untuk menjawab orang-orang yang mempersoalkan kebersihan diri dan rumahnya karena ia memelihara anjing. 

“Jadi, kalau ada yang mempertanyakan kebersihan saya dan rumah saya karena saya memelihara anjing, justru sebaliknya, saya yang akan mempertanyakan kebersihan kalian walaupun kalian tidak memiliki binatang peliharaan,” tutup Rina Nose.

Instagram Rina Nose

(disadur dari kumparan.com/kumparanHITS)

liontivi

Media Berita Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.