Ingin Menyepi di Suasana Tahun Baru? Coba Berwisata di Kota-kota Ini

Memilih destinasi wisata tahun baru yang masih sepi memang gampang-gampang susah. Karena hampir semua destinasi wisata pasti sudah dipenuhi dengan para wisatawan dari berbagai daerah. Padahal akhir tahun adalah waktu yang tepat untuk merelaksasi diri untuk mempersiapkan amunisi menghadapi tahun yang akan datang.

Jika masih bingung menentukan destinasi wisata tahun baru, berikut ini rekomendasinya!

 

1. Lasem, Rembang, Jawa Tengah

Lasem adalah kecamatan di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Ini merupakan sebuah daerah yang memiliki cerita sejarah yang patut untuk ditelisik karena merupakan kota pertama yang menjadi tempat pendaratan orang Tionghoa di tanah Jawa.

Ini adalah sebuah kota yang terkenal dengan batik, ladang garam yang pengolahannya masih tradisional, kota Tiongkok kecil dan juga kota santri. Semua kepercayaan berbaur menjadi satu tapi selalu menerapkan toleransi tingi.

Di sini kita juga bisa menjajal berbagai kuliner khas seperti Lontong Tuyuhan, hingga masakan tradisional Tiongkok yang bercampur dengan resep lokal. Yang tak boleh ketinggalan adalah Kopi Lelet Lasem yang disajikan dengan unik berbeda dari tempat lain di Indonesia.

 

2. Provinsi Riau

Riau menjadi rekomendasi selanjutnya karena memiliki tempat yang masih sepi cocok untuk relaksasi. Tak seperti Palembang, Medan dan Aceh, destinasi ini lebih cocok untuk dijadikan destinasi liburan akhir tahun karena suasananya mendukung.

Riau memiliki aneka destinasi yang eksotis tapi cukup mudah untuk disambangi. Seperti Kota Siak Sri Indrapura yang menyajikan wisata sejarah dan istana, lalu Pekanbaru yang memiliki taman bermain dan wisata romansa, atau Kota Dumai yang memiliki destinasi Hutan dan Pantai untuk bersantai.

 

3. Tanah Laut, Kalimantan Selatan

Tanah Laut memiliki pesona yang tidak kalah dengan destinasi lain di Indonesia. Ini merupakan daerah yang terkenal dengan keindahan alamnya, mulai dari pantai, gunung, hingga air terjun.

Destinasi yang bisa dijelajahi adalah Pantai Takisung, Panai Batakan, Pantai Swarangan, Pantai Batu Lima, Air Terjun Bajuin, Air Terjun Balangdaras, Air Terjun Hamindrai, Air Terjun Habulu, Gunung Kayangan, Gunung Keramaian, Bukit Sanghiyang, Kawasan Goa Marmer, Goa Macan/Liang Babau, dan Kerbau Rawa. Jarak destinasi dari perkotaan 6 KM – 60 KM yang dijamin terhindar dari keramaian.

Untuk yang suka wisata sejarah, Tana Laut juga memiliki sejarah cukup panjang. Salah satu destinasi sejarahnya adalah Benteng Tabanio yang lokasinya Tabanio.

 

4. Sukabumi, Jawa Barat

Ingin tetap berwisata di area Jawa Barat tapi bingung mau ke mana lebih baik berwisata ke Sukabumi. Di kabupaten ini kita lebih menemukan suasana damai ketimbang kota dan kabupaten lain.

Di sini kita bisa bersahabat dengan alam dengan datang ke berbagai curugnya. Selain itu, di sini juga terdapat Jembatan Gantung Situ Gunung yang menjadi jembatan gantung terpanjang di Indonesia. Dari atas jembatan gantung ini kita bisa menikmati pemandangan di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dari ketinggian. Sensasi menaiki jembatan ini sangat asik karena hembusan angin kala menggoyang jembatan ketika berjalan di atasnya.

 

5. Alor, Nusa Tenggara Timur

Tidak seperti Kabupaten Manggarai Barat yang terkenal dengan Labuan Bajo yang selalu dipenuhi oleh wisatawan, di Kabupaten Alor kita bisa merasakan destinasi cantik yang masih perawan. Seperti Pulau Alor dengan beragam kegiatan bawah laut mulai dari skuba, snorkeling, hingga menyelam di 18 titik sekaligus. Di sini pula kita bisa melihat kehidupan Komodo.

Alor juga memiliki Kampung Tradisional Takpala. Di sini kita bisa merasakan kentalnya kehidupan tradisional orang-orang Alor. Biasanya terdapat pula atraksi daerah seperti tarian dan beberapa ritual lain yang menarik untuk ditelisik.

 

(disadur dari phinemo.com)

liontivi

Media Berita Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *