Jalan-jalan ke Kawasan Little India di Tengah Jakarta.

Apakah kamu pernah mengunjungi kawasan Little India yang sangat terkenal di Kuala Lumpur, Malaysia atau Singapura? Tahukah kamu, bahkan di Jakarta pun ada kawasan “Little India” yang kaya akan warisan budaya & kuliner ala India?

Ternyata di Jakarta juga ada kawasan Little India meski tidak sespesifik Little India di dua kota di negara tetangga tersebut. Hal ini disebabkan kawasan Little India di Jakarta telah berbaur dengan kalangan Tionghoa dan Indonesia, bahkan gerbang Pasar Baru berorientasi Tionghoa.

Pertama kali kawasan Little India tumbuh di Pasar Baru – Jakarta Pusat, yang lalu berkembang ke Sunter – Jakarta Utara dan Kemang – Jakarta Selatan. Little India di Pasar Baru termasuk yang paling lengkap dan letaknya berdekatan, kamu bisa mendapatkan pengobatan herbal ala India, toko-toko yang dimiliki orang India asli maupun anak-cucunya seperti toko tekstil, alat olahraga, dan restoran India.

Di Pasar Baru juga terdapat bekas lokasi sekolah Gandhi Memorial School, State Bank of India, catering khusus makanan India, bahkan mini market India. Tentunya juga ada tempat ibadah India seperti Sai Baba dan Hare Khrisna.

Tempat yang dulu dikenal dengan sebutan Passer Baroe ini menyimpan sejarah panjang sebagai kawasan perdagangan yang sudah ada sejak tahun 1820. Masuknya para pedagang dari India pun memberi warna tersendiri. Bukan hanya sebatas dari hal bisnis, tapi juga sentuhan kulinernya. 

liontivi

Media Berita Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.