Jangan Biarkan Physical Distancing Timbulkan Rasa Cemas dan Kesepian! Berikut 5 Tipsnya

Perasaan kesepian secara umum disebabkan dua hal yaitu kurangnya interaksi dengan orang lain dan kurangnya kualitas interaksi kita dengan orang lain. Ternyata kesepian dapat mengganggu mental seseorang seperti menimbulkan stres dan depresi sehingga dapat mempengaruhi kondisi fisik.

Hal ini sangat berbahaya di situasi pandemik ini, karena tubuh harus dalam kondisi yang prima untuk melawan serangan COVID-19. Untuk menghindari rasa kesepian yang berakibat fatal, berikut tips menjalani physical distancing tanpa rasa kesepian.

1. Sadar dan menerima bahwa kesepian merupakan hal yang wajar 

Sama halnya dengan makanan dan minuman, interaksi sosial merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi.

Ketika kamu merasa kesepian itu sangat wajar karena kebutuhanmu akan interaksi sosial tidak dipenuhi. Jangan menunjukkan perilaku cemas atau khawatir karena hal itu hanya membuatmu semakin overthinking dan stres. Terima kondisimu dan mulai berdamai dengan keadaan.

2. Hubungi orang terdekat 

Setelah kamu berdamai dan menerima rasa kesepianmu, hal yang selanjutnya perlu kamu lakukan adalah menghubungi orang terdekatmu seperti sahabat, pacar, atau keluarga.

Kamu bisa menghubunginya melalui telepon, SMS, atau video call. Paling tidak kamu sudah melakukan interaksi walaupun tidak bertemu secara fisik dan hanya sebatas menanyakan kabar. Hal ini dapat membantu mengurangi rasa kesepianmu.

3. Mulai mencari hobi baru

Kamu juga bisa melakukan kegiatan-kegiatan yang bisa mengisi waktu luangmu. Mencari hobi baru misalnya.

Kamu bisa belajar memasak, yoga, atau berkebun. Sehingga kamu akan sibuk dan tidak merasa kesepian lagi.

Selain itu kamu juga bisa melakukan interaksi dengan orang lain melalui hobi barumu. Seperti berdiskusi mengenai cara berkebun di grup Facebook, meng-upload foto masakan barumu di Instagram, dan lainnya.

4. Lakukan aktivitas bersama secara virtual 

Walaupun kamu tidak bisa bertemu secara langsung, kamu bisa melakukan kegiatan bersama secara virtual. Misalnya kamu bisa nonton bareng serial drama di TV sambil video call dengan sahabatmu.

Paling tidak kalian bisa saling mengomentari serial TV yang kalian tonton bersamaan.

5. Jangan gengsi

Kadang seseorang tidak memiliki inisiatif memulai interaksi. Bisa karena gengsi, malu, atau tidak percaya diri untuk memulai percakapan. Buang hal itu jauh-jauh. Karena yang kamu butuhkan untuk menghilangkan rasa kesepianmu di tengah pandemik ini adalah dengan berinteraksi sosial.

Physical distancing memang ditujukan untuk menghentikan laju penyebaran penyakit tapi juga bisa menimbulkan penyakit baru yaitu cemas dan kesepian. Karenanya perlu kesadaran dan kerja sama untuk membangun interaksi dengan memanfaatkan sumber daya yang ada.

(disadur dari idntimes.com/Hardiansyah Putra)

liontivi

Media Berita Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.