Makanan Khas Daerah Jakarta yang Harus Kamu Cicipi!

Makanan khas daerah adalah menu yang menjadi ciri khusus suatu kawasan. Suatu masakan atau kuliner memang menjadi identitas sebuah daerah di Tanah Air.

Setiap kota di Indonesia memiliki makanan khas yang enak dan nikmat, termasuk Jakarta.  Berikut rangkuman 5 makanan khas Jakarta yang bisa dicoba.

Kerak Telor

Makanan ini terdiri dari telur yang dihadapkan pada panas arang hingga menjadi mirip kerak dan tampak agak gosong, lalu diberi bawang goreng dan serundeng. Makanan ini mudah ditemui di area umum seperti pagelaran seni dan festival.

Asinan Betawi

Selanjutnya yaitu asinan. Asinan betawi, terdiri dari kol, sawi, selada, dan taoge yang diasinkan. Makanan ini disajikan dengan campuran bumbu kacang, cuka, dan cabai.

Roti Buaya

Roti buaya adalah makanan khas Jakarta yang kerap disajikan saat upacara adat terutama saat prosesi acara pernikahan tradisional orang Betawi. Lambang dari roti buaya ini adalah kesetiaan. Hal tersebut karena buaya hanya kawin sekali, maka dari itu dipercaya bisa jadi lambang kesetiaan.

Laksa Betawi

Laksa Betawi terdiri dari mie yang dimasak dengan kuah kekuningan dari udang rebon. Makin nikmat dimakan bareng ketupat, taoge, telur, dan kucai.

Soto Betawi

Soto ini menjadi unik karena memiliki kuah kental yang membedakan dari soto dari daerah lainnya yang biasa menggunakan kuah bening. Salah satu ciri khas soto Betawi yakni adanya jeroan, bahkan mata dan torpedo sapi, serta emping.

liontivi

Media Berita Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.