Makanan Paling Aneh di Indonesia, Tapi Rasanya Enak Banget! 

Sharing is caring

Indonesia, memang memiliki segudang kuliner unik dan enak sesuai dengan adat dan budaya wilayahnya. Siapa sangka, dari semua jenis kuliner Indonesia tersebut, ada beberapa nama makanan yang bisa dibilang nyeleneh dan aneh. Namun memiliki rasa yang enak, kamu mau tahu apa aja kuliner aneh di Indonesia? Yuk simak artikelnya sampai selesai di bawah ini :

Nasi kentut

Nasi kentut adalah makanan khas dari Medan yang dimasak dengan daun kentut (paederia scandens) atau jika di daerah Pulau Jawa daun ini dikenal dengan nama daun kesembukan. 

Aroma daun ini memiliki bau tidak sedap layaknya seperti kentut manusia, namun memiliki banyak khasiatnya lho. Di antaranya mengobati sariawan, mengatasi perut kembung, mengobati mata dan radang telinga. Biasanya nasi ini disajikan dengan ikan pepes, ayam gulung, tahu dan tempe sesuai selera. 

Ketela bajingan

Tentu saja kuliner yang satu ini merupakan olahan makanan dari ketela. Ketela pohon ini kemudian akan dimasak dengan gula Jawa dan santan, lalu disajikan dengan kuah manis yang kental. Karena disajikan utuh tanpa dipotong terlebih dahulu, makanan ini terlihat mirip dengan bajing rebus sehingga disebut ketela bajingan.

Kuku Macan

Kuku macan merupakan kerupuk ikan tengiri, yang menjadi camilan khas dari Balikpapan. Bentuknya mirip sekali dengan dengan kuku jari yang runcing. Karena memiliki ukuran yang agak besar, sehingga disebut kuku macan.

Endog Bulus

Kuliner aneh di Indonesia ini mirip kue Nopia yang sempat dipopulerkan etnis Tionghoa di Banyumas. Kue ini berasal dari Magelang, namun ukurannya sebesar telur kura-kura. Kulitnya agak keras dan terdapat gula merah yang manis di dalamnya.

Kue dolar

Kue ini berbentuk bulat pipih seperti koin dan memiliki rasa mirip kue semprong. Jika dulu hanya ada pilihan rasa gula palem, sekarang sudah tersedia berbagai varian rasa. Seperti rasa jahe, wijen, dan keju.

Sate kere

Kuliner aneh di Indonesia yang enak ini merupakan makanan khas dari Solo. Kere dalam bahasa Jawa memiliki artinya melarat atau miskin. Lantaran sate ini terbuat dari tempe gembus, atau tempe yang terbuat dari ampas tahu, maka muncullah nama sate kere.

Sebab cara penyajiannya tetap dilengkapi bumbu kacang seperti sate pada umumnya.

Kerupuk Melarat

 

Makanan khas Cirebon yang satu ini biasanya disajikan dengan sambal asam. Kerupuk ini disebut melarat karena tidak digoreng dengan minyak, melainkan dimasak menggunakan pasir yang telah dibersihkan terlebih dahulu. Kerupuk ini memiliki aneka ragam warna yang menarik, yaitu hijau, putih, kuning, dan merah muda. 

Itu dia makanan aneh di Indonesia yang memiliki rasa enak. Kamu pernah coba yang mana aja nih? 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *