MELAKUKAN SESI PEMOTRETAN DI STUDIO BERHANTU, FARADISA SIREGAR …

Jadi waktu itu tuh ceritanya gue lagi ada sesi foto di daerah Jakarta Selatan. Ya kayak biasanya aja, gue
bergaya di depan kamera, cekrek sana, cekrek sini, sampai akhirnya sesi foto itu kelar ‘kan. Nah, tetep
tuh yang namanya udah difoto gue mau liat dong hasilnya kayak apa. Dan waktu itu hasilnya banyak
yang oke dan gue minta ke Mas Yossi, fotografernya, buat kirim ke gue. Cuma biar hasilnya lebih
maksimal ya harus di edit dulu. Akhirnya ya udah hari itu gue pulang lah ke rumah.

Sampe di rumah, habis bersih-bersih badan, gue langsung ke kasur tapi gak tidur. Biasa lah yang
namanya kalo udah megang hape ‘kan lupa tuh semuanya hahaa. Tapi sekalian gue juga nunggu kiriman
hasil editing foto dari Mas Yossi. Beberapa foto aja yang sekiranya bagus gitu ‘kan. Akhirnya bunyilah
notif WA gue. Dan ada beberapa kiriman foto dari Mas Yossi. Wah, seneng banget ‘kan itu. Akhirnya gue
cek satu-satu. Nah, awalnya gue tuh gak ngeh kalo ada yang janggal di satu foto. Pas gue scroll lagi ke
atas, itu beneran dong, tepat di belakang gue kayak ada bentuk menyerupai orang gitu, kayak
kuntilanak, seakan-akan tuh dia mau nyekek gue! Bayangin aja gue liat itu sekitaran jam 12 malem, di
kamar, sendiri, lagi sepi-sepinya! Spontan gue hapus ‘kan itu foto. Gue langsung tarik selimut, tidur deh.
Gak lama, pas mau nyoba tidur, kok gue ngerasa ada yang manggil gue ya? Manggil, “Disa, Disa..” gitu.
Karena mungkin tadi parno abis liat penampakan di foto yang dikirim Mas Yossi, jadi gue positive
thinking aja sih. Tapi ternyata apa yang gue denger itu beneran. Pas gue fokus ngedengerin, suara itu
bener-bener jelas! Pas gue lagi bingung mau ngapain, tiba-tiba pintu kamar kebuka sendiri! Walaupun
takut, gue coba beraniin diri buat liat siapa yang buka pintu. Pas pindah ke ujung kasur gue liat di luar
pintu tuh kayak ada orang pake kain putih lagi berdiri gitu. Gue gak liat keseluruhan badannya, tapi jelas
banget itu ada orang kayak pake terusan putih-putih gitu lagi berdiri! Baru gue mau teriak, tiba-tiba
pintu ketutup kenceng banget!

Gue langsung narik selimut, nutupin seluruh badan gue saking ketakutannya. Gak lama kayak ada kilatan
cahaya gitu dari luar. Gue makin was-was dong! Ini ada apa lagi? Sampai akhirnya keadaan jadi hening,
gue beraniin diri buat buka selimut. Keadaan kamar masih seperti sedia kala, kayak nggak ada apapun
yang terjadi. Gue disitu bernafas lega sampe sejurus kemudian pandangan gue tertuju sama kamera D-
SLR yang gue simpen di atas meja samping kasur. Tau apa yang terjadi? Itu kamera yang tadinya mati,
display-nya nyala dan nampilin sebuah foto yang gue udah ga asing lagi; foto gue pas lagi mendekam di
dalem selimut! Siapa yang foto coba!? Itu beneran foto gue yang lagi sembunyi di dalem selimut!

Belum habis rasa tegang gue, tiba-tiba gue dikejutkan dengan notif hape yang tiba-tiba bunyi. Pas gue
liat, ternyata itu Mas Yossi, dan dia masih ngirim foto. Coba gue cek ‘kan, pas gue scroll ke foto yang
paling baru dikirim, itu gue liat ada sosok kuntilanak lagi berdiri di belakang gue jelas banget! Udah deh
itu gue langsung teriak sekenceng-kencengnya sampe orang tua gue nyamperin ke kamar. Kok gue bisa
digangguin kayak gini sih?

Sampe akhirnya hari berganti, dan gue melakukan sesi foto lagi bareng Mas Yossi. Disitu ada satu
keanehan lagi. Setiap selesai foto, hasilnya tuh selalu jadi aneh. Maksudnya aneh, itu foto muka gue
cuma kok pucat banget! Padahal udah jelas-jelas pas ngaca, make-up gue masih baik-baik aja. Dan
kejadian itu terus berulang sampe akhirnya kita mutusin buat break dulu. Sambil dia ngotak-atik
kameranya, gue ceritain deh tuh pengalaman gue malam sebelumnya perihal foto yang ada
penampakannya. Raut muka Mas Yossi pun berubah jadi tegang. Gue heran ‘kan, kalo takut, pasti dia
respon. Cuma ini nggak. Dia diem aja. Pas gue tanya terus akhirnya dia mau buka mulut juga kalo
ternyata di malam yang sama, Mas Yossi diganggu juga! Ada yang manggil-manggil namanya gitu. Disitu
kita berdua diem. Hening.

Nah, di dinding tuh ‘kan ada display foto-foto model yang pernah sesi di sana ‘kan, dan itu tiba-tiba aja
satu foto jatuh. Otomatis pandangan gue sama Mas Yossi tertuju ke lantai ‘kan. Dan habis itu kita saling
pandang keheranan. Pas gue tanya siapa model yang ada di foto itu, Mas Yossi pun jawab bahwa dia
salah satu model yang pernah sesi di sana. Pas gue liat bagian belakang foto, tertulis, “Citra Kinanti,
Desember 2012”. Entah kenapa waktu itu gue kepo banget sama model di foto itu. Gue minta tolong
Mas Yossi buat cari apdetan barunya. Betapa kagetnya kita pas tau kalo si Citra itu tadi ternyata udah
meninggal!

Gak tau ya, cuma entah kenapa feeling gue kuat banget kalo yang gangguin gue selama sesi foto itu ya
hantunya Citra Kinanti.

liontivi

Media Berita Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *