Menyanggah Keras Ramalan Mbak You, Deddy Corbuzier: “Maksud Anda Apa? Itu Bohong!”

Presenter Deddy Corbuzier membuat sebuah video khusus yang ditujukan kepada peramal Mbak You pada Senin (18/1/2021). Menurutnya, video ini harus dibuatnya untuk menghindari dampak yang diakibatkan oleh ramalan Mbak You.

Dengan terus terang dan lugas, Deddy menyatakan bahwa ramalan Mbak You merupakan kebohongan yang tidak masuk akal. Dalam ramalannya, Mbak You mengatakan bahwa akan terjadi kericuhan, penjarahan, hingga pergantian presiden di tahun 2021.

Deddy menilai ramalan tersebut dapat menjadi provokasi di kalangan masyarakat.

“Itu bohong, ramalan itu bohong. Kalau anda mau ramal artis ya terserahlah. Tapi di agama saya yang sekarang ngga boleh percaya itu. Di agama saya yang kemarin juga tidak boleh. Jadi orang yang percaya ramalan itu agamanya apa?” ucap Deddy seperti dikutip Kompas.tv dari video youtube-nya.

Deddy Corbuzier menegaskan, ia sama sekali tak mempermasalahkan soal ramalan, jika itu hanya untuk kepentingan hiburan semata. Namun, ia terpaksa harus bertindak dan membuat video khusus untuk Mbak You karena ramalannya bisa berdampak besar kepada warga Indonesia.

“Selama tujuannya itu entertainment silakan, tapi ramalan it’s a different thing. Meramalkan sesuatu dan menyebarkannya ke publik ini bahaya,” kata Deddy.

Menurut Deddy, saat ini Indonesia tengah berada dalam keadaan merana. Karena itu, seharusnya Mbak You tidak menambah kesulitan dengan menyebar kebohongan.

Deddy menyebut, saat ini telah ada pihak-pihak yang ingin mempidanakan Mbak You karena ramalannya. Namun demikian, Deddy mengaku tidak menginginkan itu terjadi. Deddy hanya menyarankan kepada Mbak You untuk meminta maaf.

“Saya ngga kepingin dipenjara atau dipidanakan, tapi dia mendingan minta maaf dan mengakui kalau dia asal ngomong. Tidak usah malah mengklarifikasi,” ujar Deddy.

Dalam kolom deskripsi, Deddy menambahkan seputar penjelasan fenomena psikologis Barnum Effect yang umum terjadi di masyarakat.

“Efek Barnum, juga disebut efek Forer atau, Barnum-Forer EFFECTS adalah fenomena psikologis umum di mana individu memberikan peringkat akurasi tinggi untuk deskripsi kepribadian mereka atau sebuah keadaan yang seharusnya disesuaikan secara khusus untuk mereka atau keadaan spesifik namun sebenarnya tidak jelas dan cukup umum untuk diterapkan pada banyak orang atau keadaan lain.

Efek psikologis ini memberikan penjelasan parsial untuk penerimaan luas dari beberapa kepercayaan dan praktik paranormal, seperti astrologi, ramalan nasib, membaca aura, dan beberapa jenis tes kepribadian.

Singkatnya.. Manusia hanya mengingat apa yang terjadi.. Melupakan apa yang tidak.. Mencocokan apa yg mirip.. Menghilangkan apa yang tidak.. Keunikan cara manusia berpikir seperti ini bisa di gunakan untuk keuntungan paranormal2 palsu untuk provokasi satu hal atau untuk merubah cara pandang orang terhadap satu masalah…”

Sampai tulisan ini diterbitkan, video mentalist yang merupakan lulusan psikologi tersebut telah ditonton sebanyak 3,8 juta kali. Berbagai komentar pun bermunculan; tak sedikit dari akun verified youtuber yang juga resah dengan ramalan Mbak You dapat berakibat fatal untuk masyarakat.

“Gua yang goblok aja ga percaya ramalan. Tetapi gua percaya adanya profesi ginian ga terlepas dari tujuan bisnis. Hahaha” tulis Bobon Santoso.

“Percayalah hanya kepada Allah ,bukan percaya kepada ramalan! Pasrahkan semua kepada Allah ,musrik kalau percaya kepada ramalan 🙂” tulis Andika Rafael.

“KASIH TAU OM!” tulis Picky Picks.

“Setuju Om! Kalo prediksi para kaum jomblo dapet jodoh udh blom Om? Akwkwkwkwk” tulis Chef Arnold.

Instagram Deddy Corbuzier | Mbak You

(disadur dari kompas.tv/Tussie Ayu)

Portal Media Entertainment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
error

LIONTIVI Portal Media Entertainment