Meski Apresiasi Topik Body Shaming yang Diusung, Kominfo Sayangkan Foto yang Diunggah Tara Basro

Foto yang diunggah aktris Tara Basro di akun Twitter dan Instagramnya membuah heboh.

Dalam salah satu foto yang diunggah itu, Tara berpose tanpa busana dan menuliskan keterangan “Worthy of Love”. Tara juga menambahkan, “Coba percaya sama diri sendiri”.

Foto itu menuai banyak pujian karena Tara dianggap telah menyuarakan aksi mencintai diri sendiri apapun bentuk tubuhnya.

Namun pada Rabu (4/3) siang, unggahan tersebut menghilang dari Twitter. Warganet menduga foto itu dihapus oleh Kominfo. 

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui Humasnya, Ferdinandus Setu mengatakan bahwa unggahan Tara Basro di akun Twitternya telah menampilkan ketelanjangan. 

Konten itu dianggap telah melanggar muatan kesusilaan yang diatur dalam pasal 27 ayat 1 Undang Undang ITE, Undang-Undang nomor 11 tahun 2008, dan gubahannya di Undang-Undang nomor 19 tahun 2016.

“Iya tadi ada (laporan) disampaikan pagi hari, dan setelah melihat secara langsung, konten itu memang menampilkan ketelanjangan,” ujar Ferdinandus saat dihubungi Kompas.com, Rabu (4/3).

Ferdinandus mengatakan, pihak Kominfo mengapresiasi langkah Tara dalam mengajak perempuan melawan body shaming melalui platform media sosial.

Hanya saja pihaknya menyayangkan keputusan Tara Basro mengunggah foto yang mengandung unsur ketelanjangan.

“Pesan itu sampai dengan yang postingan terakhir, yang sampai saat ini masih ada. Artinya kan sudah cukup, kenapa harus nude dan menampilkan ketelanjangan,” katanya lagi.

Saat ini, unggahan Tara Basro yang dimaksudkan oleh Kominfo telah menghilang dari laman Twitter pribadi bintang film Gundala tersebut.

“Kami belum sempat berkoordinasi dengan Twitter tapi konten atau postingan itu sudah tidak ada,” kata Ferdinandus.

Instagram Tara Basro

(disadur dari kompas.com/Lusia Kus Anna)

liontivi

Media Berita Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.