Migrain? Mungkin Kalian Terlalu Sering Mengkonsumsi 6 Makanan dan Minuman Ini

Manusia tentu membutuhkan makanan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuhnya. Tetapi tidak selamanya makanan yang kita konsumsi memberikan manfaat bagi tubuh. Karena banyak makanan yang justru membawa dampak negatif terhadap kesehatan.

Biasanya karena komposisi yang terkandung dalam makanan tersebut sehingga dapat memicu penyakit, salah satunya adalah migrain. Tentu kamu tidak akan menyangka jika ternyata 7 makanan di bawah ini dapat menyebabkan migrain.

1. Pisang dan avokad

Meski kedua buah-buahan tersebut sangat baik untuk kesehatan, tetapi keduanya juga dapat memicu migrain. Jangan memilih pisang dan alpukat yang terlalu matang karena akan terdapat banyak tyramine yang terkandung di dalamnya. Tyramine inilah yang dapat menyebabkan migrain.

2. Makanan mengandung MSG

MSG adalah zat aditif yang sering digunakan di beberapa makanan. Dan makanan yang mengandung MSG dapat memicu migrain sebagai efek sampingnya. Sekarang bahkan hampir semua makanan mengandung MSG. Jadi, kamu harus hati-hati ya dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi.

3. Jeruk dan lemon

Jeruk dan lemon dapat menyebabkan migrain karena kadar keasaman mereka. Konsumsi segelas jus jeruk maupun lemon akan membuatmu menderita migrain. Jadi, sebaiknya pilih jeruk yang agak manis atau hindari terlalu sering meminum kedua jus tersebut.

4. Roti

Roti yang dimaksud dapat menyebabkan migrain adalah roti yang baru keluar dari oven. Roti atau donat yang masih panas dapat memicu migrain. Jadi sebelum memakan makanan jenis ini, lebih baik diamkan dulu sampai beberapa menit sampai panasnya hilang.

5. Minuman dan makanan mengandung aspartame

Saat ini banyak sekali makanan dan minuman yang mengandung aspartam atau pemanis buatan. Hal ini dikarenakan harga aspartam yang lebih murah dibandingkan gula asli. Padahal aspartam dapat memicu migrain. Untuk menghindarinya, lebih baik kamu harus pandai memilih apa yang akan kamu konsumsi.

6. Tomat dan saus tomat

Tomat adalah salah satu jenis makanan yang secara alami mengandung glutamat. Sehingga konsumsi saus tomat bisa menyebabkan migrain. Sebaiknya kamu menghindari terlalu banyak makan saus ini agar terbebas dari migrain.

(disadur dari idntimes.com)

liontivi

Media Berita Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *