Mudik Pakai Motor? 8 Checklist Simple Berikut Pasti Berguna!

Menjelang bulan Ramadhan berakhir, tentunya banyak orang yang pulang dari tanah rantau; pulang kampung untuk bertemu dan berkumpul dengan keluarga tercinta; merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan penuh suka cita. Pasti kamu tidak ingin melewatkan momen ini dengan sia-sia bukan?

Berbagai cara digunakan untuk bertemu dengan sanak saudara di kampung halaman. Mulai dari mudik menggunakan transportasi umum hingga kendaraan pribadi.

Nah, buat yang mudik menggunakan motor, kamu perlu memperhatikan hal-hal berikut sebelum dan saat mudik. Yuk, simak di bawah ini!

1. Periksa kondisi motormu!

Tak hanya badanmu saja yang perlu diperiksa, motormu juga perlu. Mulai dari rem, ban, oli, mesin, dan lain sebagainya juga perlu di cek. Jangan sampai di tengah jalan kamu jadi panik karena motormu mogok.

2. Pastikan dokumen lengkap!

Pastikan SIM dan KTP kamu masih dalam masa pakai. Kelengkapan surat motor, seperti STNK dan BPKB juga perlu kamu bawa. Barangkali ada sesuatu yang tidak diinginkan terjadi saat berkendara.

3. Periksa kembali rumah kamu, matikan listrik biar aman

Sebelum berangkat mudik, jangan lupa periksa kembali rumah kamu. Pastikan kompor mati, jendela tertutup dengan rapat, pintu terkunci, dan alangkah baiknya memutuskan aliran listrik rumah.

4. Gunakan perlengkapan berkendara dengan lengkap!

Hal terpenting adalah pakai helm! Helm melindungi kamu dari terik matahari yang panas dan hawa dingin menusuk di malam hari dan dapat melindungi kepalamu dari benturan jika sesuatu yang tidak diinginkan terjadi.

Selain itu, gunakan sarung tangan untuk melindungi tanganmu dari hawa panas dan dingin. Tak lupa pakai masker juga untuk melindungi wajahmu dari debu dan kotoran di jalanan. Jika ada, pakai pelindung dada agar tidak masuk angin.

5. Bawa obat-obatan pribadi

Bagi kamu yang punya penyakit khusus, jangan lupa bawa obat-obatan pribadi ya! Ini untuk antisipasi jika di tengah jalan kamu merasa sakit.

6. Jangan membawa beban lebih

Kalau mudik pasti ingin membawakan sanak saudara oleh-oleh khas dari tanah rantau bukan? Jangan sampai ini mempersulit perjalanan kamu ya. Jika barang bawaanmu terlalu banyak, maka beban pengendara juga semakin berat. Berbahaya juga jika sedang berada di jalan dengan beban berat.

Jika barang bawaan sangat banyak, lebih baik kamu kirim menggunakan jasa pengiriman barang. Ya, meskipun mungkin akan sedikit mahal tapi ini demi keselamatan kamu saat berkendara.

7. Jangan melebihi kapasitas penumpang

Jangan memaksakan kapasitas penumpang motor kamu ya! Jika dirasa ditumpangi oleh dua orang sudah terasa sesak, lebih baik jangan ditambah lagi karena berbahaya saat perjalanan. Belum lagi kalau kamu perjalanan jauh, pasti akan terasa tidak nyaman dan cepat capek karena berboncengan melebihi kapasitas.

8. Jangan lupa istirahat

Hal yang sering diabaikan oleh pengendara, yakni istirahat. Jika kamu merasa lelah, jangan lupa istirahat ya! Saat lebaran pasti banyak rest area yang disediakan bagi pemudik. Apabila ada posko kesehatan, kamu boleh mampir untuk cek kesehatanmu. Kamu bisa bersantai terlebih dahulu sembari mengistirahatkan mesin motor. Motormu juga perlu istirahat!

(disadur dari idntimes.com)

liontivi

Media Berita Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.