Pakai Rute Mudik Alternatif Jalur Pansela? Kunjungi 5 Pantai Cantik Ini Biar Mudik Makin Seru!

Jalur Pantai Selatan merupakan rute alternatif mudik Lebaran yang melewati enam provinsi. Di antaranya Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, hingga Jawa Timur.

Pemerintah juga terus mempromosikan jalur sepanjang 1.405 kilometer ini. Total ada 56 pantai yang akan menyapa para pemudik di jalur selatan. Termasuk lima pantai di bawah ini yang wajib banget kamu kunjungi selama perjalanan, biar mudik jadi makin asyik.

1. Pantai Ujung Genteng (Sukabumi, Jawa Barat)

Kalau perjalananmu dimulai dari Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, jangan sia-siakan mampir ke Pantai Ujung Genteng yang berada di ruas Jalan Surade. Pantai dengan pasir putih yang lembut ini punya gelombang ombak yang cukup besar, tapi masih aman.

Kamu bisa melihat penangkaran penyu dan biota laut yang beragam di sini. Pemandangan serupa bakal kamu temui di ruas jalan lainnya di Kabupaten Sukabumi, termasuk salah satunya Pantai Tegal Buleud.

2. Pantai Rancabuaya (Garut, Jawa Barat)

Karena pantai ini dipenuhi karang-karang besar, jadinya kurang cocok untuk berenang bebas. Tapi karena itu pula, kamu bisa menemukan banyak ikan kecil di sela-sela karang akibat terbawa arus ombak.

Pantai yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia ini punya air terjun atau curug yang langsung menghadap ke laut. Gila, keren banget gak tuh!

Lokasinya di Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Sepanjang Garut, kamu juga bisa menemukan Pantai Guha di ruas Jalan Rancabuaya, Pantai Sayang Heulang di ruas jalan Cialutereun, dan Pantai Santolo di ruas jalan Sp Cialutereun.

3. Pantai Ngrenehan (Yogyakarta)

Yogyakarta menjadi kawasan dengan jumlah pantai paling banyak, yakni 36 pantai. Salah satu referensi terbaik untuk tempat singgah pemudik jalur Pansela adalah Pantai Ngrenehan, Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul.

Private beach vibes bakal kamu rasakan begitu menginjakkan kaki di pasir pantainya yang lembut, karena memang belum terlalu banyak dijamah para traveler. Akses menuju ke sana mungkin butuh effort lebih, tapi lelah perjalananmu akan langsung terbayarkan.

Perlu dicatat, sebaiknya mampir ke sini saat stamina dan waktumu memadai. Kalau cuma punya sedikit waktu, gak ada salahnya mampir ke pantai-pantai lain yang lebih dekat dengan jalur mudikmu.

4. Pantai Klayar (Pacitan, Jawa Timur)

Salah satu kawasan di Jawa Timur yang kaya wisata baharinya adalah Pacitan. Saat melalui kabupaten ini, mampir ke Pantai Klayar jadi pilihan paling asyik untuk melepas penat selama mudik.

Bongkahan karang adalah ciri khas pantai yang terletak di Desa Kalak, Kecamatan Donorejo, ini. Semburan air setinggi 8-10 meter ke udara dari sela karang merupakan pemandangan unik yang bisa kamu dapatkan.

5. Pantai Kedung Tumpang (Tulugangung, Jawa Timur)

Bukan, ini bukan Angel’s Billabong di Nusa Penida, Bali. Ini adalah gugusan karang di Pantai Kedung Tumpang, Tulungagung, Jawa Timur. Letaknya di Dusun Pucunglaban, Kecamatan Pucunglaban.

Kamu bakal dikepung dengan pemandangan kolam alami tak berpenghuni ini, yang bisa bebas kamu akses dengan mudah.

(disadur dari idntimes.com)

liontivi

Media Berita Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *