5 Fakta Seputar Iqbaal Ramadhan

Demam Dilan kembali melanda setelah sekuel filmnya berjudul Dilan 1991 rilis. Lalu seperti apa sebenarnya sosok pemeran Dilan? Berikut 4 fakta tentang Iqbaal Ramadhan!

1. Tentang Iqbaal dan awal kariernya

Iqbaal lahir di Surabaya, 28 Desember 1999 bernama lengkap Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan.

Iqbaal Memulai kariernya sejak tahun 2010 dalam film musikal Laskar Pelangi berperan sebagai Trapani. Tahun 2011 ia juga membintangi sebuah film berjudul 5 Elang, kemudian bergabung menjadi anggota vocal group Coboy Junior yang beranggotakan Iqbaal, Kiki, Bastian, dan Aldy.

Coboy Junior
source: Kapanlagi.com

Mereka berempat sempat membintangi sebuah drama seri berjudul Hanya Kamu, dan di tahun 2013 merilis film perdana mereka Coboy Junior The Movie.

Tak hanya jago bernyanyi dan berakting, Iqbaal juga merupakan atlet taekwondo yang sudah punya 7 medali emas dan 1 perunggu dari berbagai perlombaan.

2. Iqbaal sosok yang peduli pendidikan

Iqbaal memang dikenal peduli akan pendidikan, serta menjadikan pendidikan sebagi prioritas dalam hidupnya. Di sekolah pun Iqbaal dikenal sebagai siswa yang baik. Tak hanya itu, nama Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan juga masuk dalam daftar siswa yang lolos United World Colleges (UWC) tahun angkatan 2016 untuk menempuh pendidikan di Amerika. UWC sendiri merupakan program Sekolah Menengah Atas (SMA) atau pre-college di mana menggabungkan berbagai siswa internasional dari berbagai negara di dunia termasuk Indonesia.

Kurang dari 2 tahun Iqbaal berhasil menyelesaikan pendidikannya tersebut di 2018. Dan kini Iqbaal memilih untuk melanjutkan kuliahnya di Australia dengan mengambil jurusan media komunikasi dengan harapan media di Indonesia semakin baik, dan untuk sejenak meninggalkan tanah air dalam rangka menempuh pendidikan yang ia idamkan.

Iqbaal tak khawatir jika dirinya dinilai meninggalkan karier yang sedang menanjak. Baginya ia masih bisa menjalankan keduanya namun fokus utama dan prioritas Iqbaal tetap pada pendidikan.

3. Kisah cinta Iqbaal Ramadhan

Dianty Annisa

Kisah cinta Iqbaal memang jarang terekspos oleh media. Namun sebelum santer kabar kedekatan dengan lawan mainnya di film Dilan, Vanesha Prescilla, Iqbaal sempat menjalin hubungan dengan seorang gadis bernama Dianty Annisa yang merupakan teman satu sekolahnya dulu. Namun hubungan mereka kandas.

Iqbaal dan Zidny Lathifa

Iqbaal kemudian berpacaran dengan seorang gadis bernama Zidny Lathifa yang disebut-sebut sebagai mantan terindahnya. Setelah putus dari Zidny, Iqbaal mengaku sempat berpacaran dengan seorang gadis saat menmpuh pendidikan di Amerika beberapa waktu yang lalu.

4. Kecintaannya terhadap musik melahirkan band Svmmerdose

Yang menarik, saat masih mengenyam pendidikan di Amerika, Iqbaal membentuk sebuah band bersama temannya di Indonesia, Agy. Mereka bertukar pemikiran serta mengumpulkan materi lewat Skype.

Awalnya Iqbaal ingin membentuk proyek musik duo. Namun Agy menyarankan untuk menambah Rinrin sebagai vokalis, dan terbentuklah Svmmerdose di tahun 2017. Bedanya, jika selama ini sosok Iqbaal dikenal sebagai seorang penyanyi, maka di Svmmerdose ia memilih memainkan bass.

https://www.instagram.com/p/BtzkS7_ljlb/

Berbeda dari image yang selama ini melekat pada dirinya, musik yang diusung Svmmerdose justru bermain di ranah R&B dengan perpaduan berbagai genre seperti soul dan pop punk.

Meski tengah naik daun dalam karir akting serta tengah fokus di pendidikan, ternyata Iqbaal cukup serius dengan proyek musiknya ini. Terbukti debut single-nya berjudul Independent berhasil menjadi pemuncak Top 50 Indonesia Viral Chart di Spotify.

Belum lagi pada November lalu, Svmmerdose digadang menjadi opening act solois internasional, Charlie Puth, meski akhirnya batal.

5. Awalnya terdapat pro-kontra pemilihan Iqbaal sebagai Dilan

Setelah banyak kabar yang beredar jika novel best seller Dilan karangan Pidi Baiq akan diadaptasi ke layar lebar, publik dibuat penasaran siapakah yang akan menjadi tokoh utama yang memerankan karakter Dilan tersebut.

Pidi Baiq

Saat diketahui jika Iqbaal Ramadhan lah yang menjadi sosok Dilan, pro-kontra pun terjadi di kalangan fans, terutama para penikmat novel tersebut. Beberapa dari mereka mengatakan jika pembawaan Iqbaal yang kalem dan alim dinilai kurang pas untuk memerankan sosok Dilan yang merupakan anggota geng motor yang ditakuti di Bandung.

Namun penulis novel itu sendiri, Pidi Baiq yang akrab disapa Ayah dan sutradara Fajar Bustomi sendiri lah yang memilih Iqbaal sebagai Dilan. Namun Iqbaal dan kualitas aktingnya sangat sukses membuat baper penonton film tersebut dalam memerankan karakter Dilan dan hal tersebut menjadi jawaban kekhawatiran mereka yang sebelumnya meragukan Iqbaal sebagai Dilan.

liontivi

Media Berita Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *