Penat dengan Situasi Kota Besar? 5 Kota Berhawa Dingin nan Sejuk Ini Bisa Jadi Pilihan Berlibur

Sebagai negara beriklim tropis, Indonesia memiliki suhu udara yang tergolong tinggi. Belum lagi polusi udara membuat Indonesia semakin panas dan lembap. Namun demikian, tetap ada kota di Indonesia yang memiliki suhu dingin, bahkan hingga nol derajat Celcius. Kalau penat dengan situasi kota besar yang padat, panas, dan lembap, 5 kota berikut ini dapat menjadi destinasi liburan yang relaxing!

 

1. Berastagi, Karo (Sumatera Utara)

Terletak di ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut, Berastagi yang berlokasi di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, memiliki udara yang cukup dingin. Diapit oleh Gunung Sibayah dan Gunung Sinabung, Berastagi memiliki pemandangan yang memikat, seperti Air Terjun Sikulikap.

Sekitar 1,5 jam dari Berastagi, Anda pun bisa mengunjungi Danau Toba yang tak kalah indah. Selain wisata alam, Berastagi memiliki wisata sejarah, seperti Desa Lingga dan Tongkoh. Bagi Anda yang suka buah, Berastagi bisa menjadi tempat yang cocok untuk berbelanja, karena Berastagi juga dikenal sebagai penghasil buah terbaik di Sumatera Utara.

 

2. Ruteng, Manggarai (Nusa Tenggara Timur)

Berlokasi di ketinggian 1.200 meter dari permukaan laut, Ruteng memiliki udara yang cukup dingin, tapi bukan itu saja yang menjadikan Ruteng istimewa. Ruteng memiliki pemandangan kota seperti di Praha dengan bangunan yang bergaya Eropa sehingga sebutan sebagai salah satu kota terindah di Indonesia melekat di kota kecil yang berada di Manggarai ini. Selain itu, Ruteng memiliki area persawahan yang masih lebar dan hijau, pemandangan gunung yang indah dari kejauhan, dan tentunya warga Flores yang ramah.

Untuk Anda yang menyukai wisata gua, Ruteng memiliki gua di mana pernah ditemukan sisa-sisa tulang manusia purba Homo Floresenesis, yaitu Gua Liang Bua. Sementara untuk Anda yang gemar wisata sejarah, Anda bisa datang ke Desa Adat Compang Ruteng yang memiliki rumah tradisional seperti Honai di Papua, tapi lebih besar dan modern.

 

3. Batu (Jawa Timur)

Batu yang hanya berjarak lebih kurang 30 menit dari Malang memiliki banyak sekali objek wisata alam maupun buatan yang memesona. Kota kecil yang berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut ini sangat cocok untuk menjadi destinasi wisata keluarga, karena cuacanya yang sejuk dan banyaknya pilihan tempat wisata edukatif bagi anak.

Untuk wisata alam, Batu memiliki pemandian air panas di Cangar, air terjun Coban Rondo dan Coban Sewu, olah raga paralayang dan outbond, taman bermain seperti Jatim Park, Museum Satwa, dan juga kebun binatang Batu Secret Zoo yang bagus sekali.

 

4. Mulia, Puncak Jaya (Papua)

Berlokasi di Kabupaten Puncak Jaya, Papua, Mulia adalah sebuah kota pegunungan kecil yang terletak pada ketinggian 2.448 meter di atas permukaan laut. Meski kecil, Mulia terlihat sudah cukup ramai dengan kehadiran banyak kantor pemerintahan. Jalan-jalan sudah beraspal dan infrastruktur pendukung pun sudah memadai walau jumlahnya masih sedikit.

Mulia memiliki satu bandara kecil yang hanya bisa dilandasi oleh pesawat jenis Caravan yang berisi sembilan orang saja. Untuk ke sini, Anda bisa naik pesawat selama sekitar satu jam dari Jayapura dan Anda akan melewati rute mendebarkan karena pesawat harus meliuk-liuk melewati sela-sela gunung. Berani?

 

5. Gayo Lues (Aceh)

Gayo Lues adalah salah satu kabupaten paling terisolasi di daerah Aceh. Namun demikian, kabupaten yang terletak di ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut ini memiliki pesona yang luar biasa seperti jalur pendakian ke Gunung Leuser yang berjumlah banyak dan pemandian air panas di Puri Betung.

Selain itu kabupaten ini merupakan penghasil sayur dan buah terbaik di Aceh. Tentunya Gayo Lues paling terkenal sebagai penghasil Kopi Gayo yang telah mendunia.

 

(disadur dari skyscanner.co.id)

liontivi

Media Berita Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *