Portugal Buat Aturan Tegas Larangan Atasan Menghubungi Karyawan Selepas Jam Kerja

Dihubungi bos setelah jam kerja jadi tindakan ilegal di Portugal. Kalau di Indonesia tiba-tiba diberlakukan peraturan seperti itu, kalian setuju nggak?

Parlemen Portugal pada 5 November 2021meloloskan revisi Undang-Undang Ketenagakerjaan, yang mencantumkan pentingnya perlindungan keseimbangan hidup karyawan. Salah satu pasalnya secara tegas melarang adanya kontak atasan terhadap pegawai setelah jam kerja berakhir.

Menurut politikus setempat, adanya revisi ini akan membuat produktivitas pegawai secara Nasional bisa meningkat, karena mereka tak lagi terlalu stress di tekan atasan di waktu yang seharusnya bisa di pakai istirahat.

Selain itu, Portugal ingin dilirik menjadi lokasi kerja untuk ‘Digital Nomads’ atau Freelancer mancanegara, yang makin marak selama pandemi.

Dalam beleid tersebut, disebutkan bahwa Boss atau atasan yang menghubungi karyawan diluar jam kerja lewat Email, aplikasi pesan, atau telpon, bakal dikenai denda setara uang lembur.

Denda tersebut berupaya kewajiban membayar tagihan listrik dan gas karyawan yang menjadi korban dikontak malam-malam.

Penguasa mayoritas kursi di parlemen dan pemerintahan Portugal saat ini adalah Partai Sosialis, yang berkuasa sejak 2019. Kebijakan soal relasi ketenagakerjaan sesuai jam kerja ini ditujukan untuk membuat situasi ‘Work From Home’ di negara tetangga Spanyol tersebut lebih manusiawi.

liontivi

Media Berita Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *