Presenter Senior Nico Siahaan Diperiksa KPK soal Kasus Pencucian Uang

Anggota DPR RI Komisi I Fraksi PDIP, Nico Siahaan, diperiksa penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi terkait sumber uang Rp250 juta yang digunakan untuk kegiatan Sumpah Pemuda partai tersebut tahun 2018.

Untuk diketahui, uang tersebut diduga diberikan oleh mantan Bupati Cirebon Sunjaya Puwardi Sastra, yang kini telah dijerat KPK dalam kasus suap jual beli jabatan dan tindak pidana pencucian uang (TPPU).

“Menurut saya itu adalah (uang) gotong-royong sebenarnya. Menurut saya wajar dilakukan oleh anggota organisasi. Saya rasa ini merupakan hal yang lumrah dilakukan. Ya kan gotong-royong, enggak mungkin kan kami menghalangi kalau ada yang mau gotong-royong,” kata Nico di lobi gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (29/10/2019).

Meski begitu, Nico mengaku tak mengetahui uang yang diterimanya dari Sunjaya itu hasil korupsi.

Menurut Nico, bukan hanya Sunjaya yang memberikan uang sumbangan untuk acara tersebut, tapi juga kader lainnya.

“Saya tidak tahu uangnya dari mana. Itu adalah sumbangan dia (Sunjaya), kami enggak tanya satu-satu. Kira-kira begitu,” ucap Nico.

Nico merupakan ketua panitia dalam acara kegiatan sumpah pemuda PDIP tahun 2018. Kekinian, Nico telah mengembalikan uang Rp250 juta yang diterimanya dari Sunjaya kepada KPK.

“Sudah, sudah dikembalikan,” kata Nico.

Nico diperiksa KPK untuk melengkapi berkas eks Bupati Cirebon Sunjaya. Sebab, Sunjaya kembali ditetapkan sebagai tersangka TPPU dengan nilai mencapai Rp51 miliar.

Uang hasil suap dan gratifikasi tersebut disamarkan Sunjaya dengan disimpan pada rekening atas nama orang lain, serta dibelikan aset berupa tanah dan 7 mobil.

Instagram Nico Siahaan

(disadur dari suara.com/Welly Hidayat)

liontivi

Media Berita Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *