Resep 5 Sambal Nusantara Menggoyang Lidah yang Cara Bikinnya Anti Ribet

Bagi pecinta pedas, sambal seolah-olah sudah menjadi kondimen wajib yang harus selalu hadir di piring makan. Tapi sayang, tidak semua sambal cara bikinnya gampang. Selain harus mengulek, kamu juga perlu menggorengnya terlebih dahulu.

Kadang di tengah proses penggorengannya, aroma cabai yang semerbak bikin kamu mendadak bersin-bersin.

Nah, khusus kamu yang kurang telaten dengan pengolahan semacam itu, tak perlu risau. Ada juga lho beberapa sambal yang cara pengolahannya praktis banget. Ini dia rekomendasinya!

1. Sambal kecap

Gak butuh cobek dan uleknya, kamu bisa bikin sambal kecap yang nikmat disantap dengan sup buatanmu. Rasanya dijamin klop!

Kamu cuma perlu bawang putih, bawang merah, dan cabai rawit yang sudah diiris tipis. Lalu, campurkan dengan kecap manis dalam sebuah wadah. Kurang gampang gimana coba?

2. Sambal mentah

Terbuat dari cabai rawit, tomat, bawang merah, dan terasi matang, sambal mentah ini punya rasa khas yang nyegerin abis. Kamu juga bisa tambahkan air perasaan jeruk limau atau kemangi agar rasanya semakin mantap. Sambal mentah ini cocok dimakan bersama lalapan atau sayur berkuah seperti sayur asem.

3. Sambal bawang

Yang sedang naik daun belakangan ini ada si sambal bawang. Sambal ini juga praktis banget lho buat kamu yang gak mau ribet. Siapkan saja cobek lalu masukkan garam, cabai merah, cabai rawit, serta bawang putih.

Ulek hingga halus, lalu siram dengan sesendok minyak goreng panas. Untuk takaran cabainya bisa kamu sesuaikan dengan seleramu. Mau pedas sedang atau pedas nampol, silakan saja. Gimana, simpel kan?

4. Sambal matah

Merupakan khas Bali, sambal matah sempat populer seiring munculnya inovasi rice box yang menawarkan menu tersebut. Tapi daripada beli, kamu bisa kok mengolahnya sendiri.

Kamu hanya perlu mengiris tipis cabai rawit, bawang merah, daun jeruk, dan serai. Tambahkan garam. Lalu siram dengan minyak panas. Bubuhkan air perasan jeruk nipis, lalu aduk hingga merata.

Nah, sambal matah buatanmu sudah bisa kamu cicipi, nih. Dimakan pakai telur mata sapi saja sudah bikin lidah bergoyang, lho.

5. Sambal mangga muda

Lagi musim mangga, gak ada salahnya nih coba bikin sambal mangga muda buat pelengkap makan siangmu. Kamu cuma perlu menghaluskan cabai rawit, garam, gula, dan terasi matang di atas cobek. Lalu campurkan mangga muda yang telah diiris menyerupai korek api.

(disadur dari idntimes.com/Nuke Diah Ayuning)

Leave a Reply

%d bloggers like this: