8 Fakta Seputar Ria Irawan, dari Kepincut Mick Jagger hingga Gelar Pejuang Kanker

Aktris Ria Irawan tutup usia pada Senin pagi, 6 Januari 2020. Ria Irawan meninggal di usia 50 tahun setelah melawan penyakit kanker kelenjar getah bening stadium empat.

Banyak rekan dan sahabatnya yang merasa kehilangan dengan sosok yang begitu berpengaruh di dunia perfilman Indonesia tersebut.

Sudah berakting dari usia 4 tahun

Anak kelima dari aktor dan aktris senior Bambang Irawan dengan Ade Irawan ini sudah berkecimpung di dunia film sejak usia 4 tahun.

Selain menjadi aktor, ayah Ria Irawan, Bambang Irawan memiliki rumah produksi Agora. Dia berguru akting kepada ayah dan ibunya. Dan Ade Irawan adalah aktris favoritnya.

Aktingnya di usia belia tersebut dilakoninya dalam film berjudul Sopir Taxi yang dibintangi oleh Bambang Hermanto dan Dien Novita pada 1973.

Bintangi puluhan judul film laris

Ria Irawan juga membintangi puluhan film Tanah Air yang melejit pada masanya seperti Lupus 1 dan 2, Ai Lop Yu Pul, dan Arisan.

Bahkan namanya masih berkibar dengan membintangi judul film dari era milenial, sebut saja Janji JoniBerbagi Suami, Quickie Express, hingga yang terbaru, Wedding Agreement.

Ria Irawan bukan nama asli

Tak banyak yang mengetahui nama asli wanita kelahiran Jakarta, 24 Juli 1969 ini. Ia diketahui memiliki nama asli Chandra Ariati Dewi Irawan. Namun, selama ini ia lebih dikenal sebagai Ria Irawan.

Hal itu juga terlihat dari sebuah unggahan Ria di Instagram. Terlihat nama lengkap Ria di sepucuk surat dari Presiden Joko Widodo.

Rocker Mick Jagger pernah menginap di rumahnya

Mengutip wawancara Tempo dengan Ria Irawan pada edisi 3 Desember 1988, Ria Irawan mengaku sampai mendapat kecupan di kening dari bintang musik rock dunia, Mick Jagger. Selama lima hari ia menghabiskan waktu bersama Mick.

“Mick sempat menginap di rumah saya,” kata Ria Irawan kepada Bachtiar Abdullah dari Tempo. Tentu ada cerita bagaimana akhirnya Mick Jagger memilih Ria Irawan sebagai jujukannya saat ke Jakarta waktu itu. Ria Irawan menceritakan perjuangannya hingga Mick Jagger bergantung kepadanya selama lima hari.

Dalam pertemuan pertama pada jumpa pers, Mick Jagger hanya mau bicara dua kalimat kepada Ria Irawan. Tapi gadis tomboy itu tidak putus asa. Dia tancap terus, sampai tertangkap di sebuah diskotek. Dari situ, Mick Jagger mulai tertarik oleh tembakan pertanyaan Ria. Lantas keduanya berteman.

Mick Jagger meminta Ria Irawan keliling Jakarta. “Pokoknya, hampir semua disko di Jakarta dicobanya,” kata Ria. Mereka juga piknik ke Kebun Raya Bogor dan perkebunan teh di Puncak. “Mick suka naik sepeda dan membonceng saya,” tutur Ria dengan wajah berseri.

Vokalis grup musik The Rolling Stones ini ternyata juga doyan melahap makanan Sunda. Yang membingungkan ketika bintang rock itu bertanya apa bahasa Inggrisnya penganan yang bernama Pacar Cina.

“Saya kelabakan menerjemahkannya. Masa, Chinese Lover, sih,” ucap Ria Irawan asal ceplos.

Mereka berpisah sehari setelah konser Mick Jagger bubar.

Sabet banyak penghargaan bergengsi

Pencapaian karier Ria di dunia perfilman cukup bersinar. Ia berhasil menyabet sejumlah penghargaan bergengsi di industri film.

Tercatat, ia berhasil memenangkan Piala Citra lewat film yang dibintanginya bersama Mathias Muchus dan Meriam Bellina, yakni Selamat Tinggal Jeanette (1987) sebagai Pemeran Pendukung Wanita Terbaik di FFI 1988.

Di Festival Film Indonesia 2006 dirinya kembali mendapat nominasi Aktris Pendukung Terbaik lewat film Berbagi Suami.

Pernah dikirimi bunga oleh Presiden Jokowi

Ria Irawan  pernah mendapat kiriman bunga dari Presiden Jokowi dan keluarga. Kiriman bunga anggrek putih itu datang pada Selasa, 10 September 2019. Paket bunga itu divideokan dan kemudian diunggah di akun Instagramnya.

“Dapat kiriman bunga dari Presiden Joko Widodo dan keluarga untuk ibu Chandra Ariati Dewi yang dikenal Ria Irawan. Terima kasih Pak Jokowi untuk bunganya, terima kasih keluarga Pak Jokowi untuk bunganya. Semoga Ria tetap semangat berobat dan kembali beraktivitas. Terima kasih ya, Pak,” terdengar suara pria yang membacakan kiriman paket itu. Kemungkinan yang membacakan paket itu Mayky Wongkar, suami Ria.

View this post on Instagram

Expectation #cancer #hoax

A post shared by Ria Irawan (@riairawan) on

Sebelumnya, pesinetron Aldi Taher meminta Jokowi untuk membesuk Ria, yang kembali menjalani perawatan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta sejak 1 September 2019. Aldi beralasan, kedatangan Jokowi akan menyuntikkan semangat bagi Ria, sebagai pendukung dan pengagum Jokowi, untuk sembuh melawan penyakit kanker kelenjar getah bening yang sekarang menyebar ke otak dan paru-paru itu.

“Doa gue, semoga Pak Jokowi mau jenguk Kak Ria, karena dia ngefans banget sama Pak Jokowi,” tulis Aldi dalam unggahannya di Instagram, Minggu, 8 September 2019.

Didedikasikan sebuah lagu atas kegigihannya melawan kanker

Ria Irawan menderita penyakit kanker kelenjar getah bening sejak September 2014. Kanker tersebut sempat mati dan Ria dinyatakan sembuh pada awal 2019.

Namun kanker tersebut aktif kembali dan kondisi Ria Irawan mulai melemah sejak Agustus 2019. Setelah menjalani perawatan, kanker tersebut kemudian menyebar ke bagian paru-paru hingga di kepala.

Atas perjuangannya melawan kanker yang tak kenal lelah, sang sahabat, Aldi Taher meminta agar Presiden Jokowi memberikan gelar Duta Kanker Indonesia buat Ria Irawan.

“Kak Ria Irawan itu inspirasi buat pejuang kanker. Mungkin bismillah Kak Ria bisa diangkat jadi Duta Kanker Indonesia oleh Pak Jokowi,”.

Tak hanya itu, grup band Sore juga membuat lagu berjudul R14 yang didedikasikan untuk Ria Irawan. Lagu ini masuk dalam album Los Skut Leboys yang dirilis pada 2015.

Bahkan Ria juga ikut tampil sebagai model dalam video klip lagu tersebut. Terlihat Ria duduk melihat album foto sambil mendengarkan lagu.

Ucapan belasungkawa dari rekan artis

Kabar meninggalnya Ria ini pertama kali datang dari komika sekaligus sutradara, Ernest Prakasa.

“Baru dapat kabar dari Mbak Dewi Irawan, Mbak Ria Irawan tersayang sudah berpulang. Selamat jalan Mbak Ria yang baik..,” tulis Ernest Prakasa di media sosial.

Sutradara Nia Dinata juga menyampaikan rasa kehilangannya yang begitu mendalam atas kepergian Ria Irawan.

“Perpisahan Ria Irawan tersayang. Kamu berjuang sangat keras. Anda berkelahi dengan anggun. Ini kerugian besar bagi kita semua, film Indonesia, untuk aktivisme kesetaraan gender,” tulis Nia Dinata di Instagram Story. “Beristirahat dalam cinta, beristirahat dalam damai. Kebaikanmu, kekuatanmu, tawa kamu akan selalu diingat.”

Akun Rian Ekky Pradipta atau Rian D’Masiv mengingatkan lagi memori di tahun 1988, lewat sebuah foto saat Mick Jagger mengendarai sepeda dan membonceng Ria Irawan.

“Innalillahi wa inna illaihi rajiun. Selamat jalan Mba Ria Irawan. Turut berduka cita, semoga almarhumah husnul khotimah,” tulis Rian D’Masiv.

Instagram Ria Irawan

Leave a Reply

%d bloggers like this: