Roy Kiyoshi Cabut Laporan Polisi Terhadap Akun ‘Hikmah Kehidupan’

Belum lama ini, Roy Kiyoshi memolisikan pemilik akun YouTube ‘Hikmah Kehidupan’ atas dugaan tindak pidana fitnah melalui media elektronik. Ia merasa nama baiknya dicemarkan melalui unggahan video di akun tersebut.

Kini, ia mantap untuk menghentikan laporannya. Bersama pengacaranya, Henry Indraguna, Roy mengajukan permohonan pencabutan laporan agar pihak kepolisian tidak melanjutkan pemeriksaan pada Kamis (21/11) malam.

“Kami sudah menerima tanda terimanya, ya, permohonan kami. Selanjutnya, kami menyerahkan sepenuhnya kepada kepolisian RI, khususnya Polda Metro Jaya. Agenda selanjutnya adalah kami menunggu panggilan untuk di-BAP untuk pencabutan laporan ini,” tutur Henry Indraguna ketika ditemui di Polda Metro Jaya, Jakarta.

Roy berubah pikiran bukan tanpa alasan. Presenter berusia 32 tahun itu punya setidaknya tiga alasan mengapa pada akhirnya rela mencabut laporan tersebut.

“Alasan yang pertama adalah alasan kemanusiaan. Itu yang digarisbawahi,” ucap Henry Indraguna mewakili Roy Kiyoshi.

Adanya permohonan maaf yang telah dilakukan terlapor, yakni Abriel selaku pemilik akun YouTube ‘Hikmah Kehidupan’, menjadi alasan ke-2 mengapa Roy Kiyoshi mencabut laporan. Terlebih, momen tersebut dihadiri pula oleh orang tua Abriel.

“Di situ kami lihat, dengan niat yang tulus, sampai nangis, ya, sampai dia berusaha menyembah untuk mohon maaf. Di situlah hati Roy terketuk, terbuka untuk memaafkan,” ungkap Henry Indraguna.

Selain itu, Roy juga tak ingin agar pemeriksaan laporannya dilanjutkan atas dasar adanya Surat Edaran Kapolri No. 8 Tahun 2018 mengenai restorative justice dalam menangani tindak pidana.

“Atas dasar itulah, tidak semua tindak pidana itu harus diselesaikan di pengadilan, masuk ke ranah meja sidang. Kalau bisa diselesaikan dengan mediasi dan litigasi, itu akan lebih bagus. Dan salah satu syaratnya pun sudah kami terima, yaitu surat permohonan maaf dan surat perjanjian perdamaian, sudah ditandatangani,” tutur Henry.

Lantas, apa yang dirasakan Roy Kiyoshi ketika pada akhirnya telah mengajukan pencabutan laporan polisi terhadap pemilik akun YouTube ‘Hikmah Kehidupan’?

“Oke, kok. Semua berjalan lancar. Aman. Enggak ada apa-apa, kok,” pungkas Roy sembari tersenyum.

Instagram Roy Kiyoshi

(disadur dari kumparan.com/Anissa Sadino)

Leave a Reply

%d bloggers like this: