Selalu Merasa Kesepian Meski Banyak yang Peduli, Mungkin Kamu Kurang Menerima Diri Sendiri

Pernah gak sih kamu merasa begitu terasing dan kesepian meski sebenarnya kamu dikelilingi oleh orang-orang yang peduli padamu? Jika iya, maka ada satu hal yang seharusnya mulai kamu tanyakan pada diri sendiri, yaitu, sudahkah kamu mencintai dirimu dan menerima apa adanya kamu?

Pasalnya, kurangnya penerimaan terhadap diri sendiri ini bisa menimbulkan rasa kesepian, lho. Mau tau kenapa? Begini nih penjelasannya.

1. Karena kamu selalu menggantungkan kebahagiaan pada orang lain

source pic at sepositif

Ketika kita belum bisa mencintai diri sendiri, pastinya kita akan mencari kebahagiaan dari hal lain di luar diri kita. Bisa pada benda, hewan peliharaan, orang terdekat, dan lain sebagainya. Ujung-ujungnya, tanpa hal-hal itu di sampingmu, kamu selalu merasa kesepian dan sedih. 

2. Sesempurna apapun hidupmu, kamu gak akan pernah puas

Kurangnya rasa cinta diri ini akan membuat kamu juga selalu merasa kekurangan dalam banyak hal. Gak peduli sesempurna apapun hidupmu, kamu akan susah merasa puas dengan apa yang sudah kamu raih.

source pic at yourquote.in

Meskipun hal ini mengandung sisi baik karena kamu memiliki keinginan untuk meraih semua impianmu, tapi susah puas ini juga akan berimbas pada kebahagiaan yang akhirnya sulit untuk kamu dapatkan.

3. Ada sesuatu yang terasa kosong dalam jiwamu dan kamu gak tau itu apa

Dampak lainnya dari kurang mencintai diri ini adalah kekosongan dan kehampaan yang selalu menghantuimu. Meski sesekali kamu merasa bahagia dan senang, namun tetap ada ruang kosong yang terasa mengganjal dan membuatmu resah. Kurangnya penerimaan terhadap diri sendirilah yang sebenarnya jadi biang kerok dari rasa hampa ini, lho.

4. Kamu mudah terserang penyakit hati ketika melihat orang lain bahagia

Orang yang gampang merasa iri, dengki, dan juga marah saat orang lain bahagia, sebenarnya merupakan bentuk kurangnya penerimaan dan rasa cinta pada diri sendiri. Seolah-olah, apa yang dia miliki, dia rasakan, dia raih selama ini jadi gak berarti begitu melihat orang lain memiliki hal yang serupa. 

5. Mencintai diri sendiri adalah langkah awal menuju kebahagiaan yang sesungguhnya

Siapapun kamu, di mana pun kamu berada, kamu berhak untuk bahagia. Bahagia gak memiliki standar kok, guys. Semua orang akan bisa bahagia sepenuhnya jika sudah mampu menerima, menghargai, dan mencintai dirinya sendiri. Tapi ingat, jangan sampai berlebihan ya.

Menerima diri sendiri apa adanya itu bukanlah hal yang mudah. Percayalah bahwa semua memerlukan proses dan gak instan. Namun, hasil yang didapat akan sangat luar biasa dan sepadan dengan perjuangan yang harus kamu lakukan. Mau mencoba?

(disadur dari idntimes.com/Desy Damay)

Portal Media Entertainment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
error

LIONTIVI Portal Media Entertainment