Selesai Jalani Pemeriksaan, Ashanty Idap Autoimun Tahap Awal

Penyanyi Ashanty belum lama ini didiagnosis menderita autoimun. Yakni kondisi ketika sistem kekebalan tubuh seseorang menyerang tubuhnya sendiri.

Kondisi tersebut membuat istri dari Anang Hermansyah ini merasa stres. Namun setelah menjalani pemeriksaan lanjutan, diketahui autoimun yang dideritanya masih dalam tahap awal.

Ditemui di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, baru-baru ini, Ashanty menceritakan kondisinya terkini. Ia memang berbicara saat ini karena menunggu hasil pemeriksaan lanjutan yang dilakukannya.

“Karena waktu itu belum keluar hasil juga, aku enggak mau main cerita, belum ada hasil yang akurat. Jadi karena hasilnya uda keluar, udah tiga hari lalu, jadi aku udah enak ngobrol,” kata Ashanty.

Menurut Ashanty, berdasarkan hasil pemeriksaan, ia cukup beruntung karena autoimun yang dideritanya masih dalam tahap awal. Sehingga dokter yang memeriksanya bisa melakukan pencegahan.

“Alhamdulilahnya ini masih di stage awal gejala autoimun, kalau dibiarkan bisa ke stage berikutnya, bisa nyerang ke syaraf, ke kulit, aku juga ada inflamasi di usus aku,” kata Ashanty.

Selama ini Ashanty memang tidak pernah tahu kondisi autoimun yang dideritanya. Namun yang jelas, ia mengalami banyak gejala seperti suka bingung ketika sedang berada di tempat keramaian.

Selain itu ia juga sulit tidur meski ia mudah lelah. Ketika menemukan suatu masalah kecil, akan langsung membuatnya stress.

“Memang kenanya penyakit ini enggak pernah tahu, enggak ada obat juga katanya. Paling parahnya dia enggak boleh stres banyak pikiran, paling utamanya. Jadi memang harus lebih santai menikmati hidup,” kata wanita 34 tahun ini.

Saat ini Ashanty juga sudah mulai melakukan berbagai terapi guna pencegahan. Ia berharap dengan hal ini pencegahan yang ia lakukan bisa berjalan dengan baik.

“Terapinya banyak, mulai dari jaga makan, kemarin kaya juga dikasih obat tradisional seperti essential oil,” kata Ashanty.

“Karena semua itu di dalam pikiran kita, kalau kita tenang lebih rileks, dia enggak bakal bangkit, kaya drop, kaya mati gitu. Makanya, orang nanya aku enggak mau mikir sakitnya, dibawa happy aja,” kata Ashanty.

Instagram Ashanty

(disadur dari kumparan.com/Hazliansyah)

liontivi

Media Berita Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.