Senang Melihat View Kota dari Ketinggian? 5 Gedung Pencakar Langit Ini Wajib Dikunjungi

Terkadang traveling tidak harus selalu di alam atau menikmati kuliner semata. Memandangi keindahan landscape kota dari ketinggian pun menjadi pilihan yang menarik. Jika kalian traveler yang senang mengabadikan momen keindahan kota, berikut ini lima gedung pencakar langit di berbagai negara yang wajib dikunjungi!

 

1. China Central Television (Beijing, China)

Beijing punya gedung pencakar langit keren bernama China Central Television Headquarters. Bahkan, gedung ini pernah menyabet gelar pada ‘Cityscape World Architecture Congress’ di Dubai.

Tinggi gedung ini adalah 234meter dan bentuk bangunannya sangat unik seperti huruf L. Kalau diperhatikan, bentuknya mirip segitiga tak sempurna. China Central Television Headquarters punya enam bagian horizontal dan vertikal. Biaya pembangunannya menghabiskan USD 600 juta atau sekitar Rp 7,2 triliun!

Lucunya, beberapa supir taxi di Beijing menilai gedung pencakar langit ini seperti celana boxer raksasa. Apapun itu, China Central Television Headquarters yang selsesai dibangun tahun 2012 ini memang mencuri perhatian turis.

 

2. Torre Agbar (Barcelona, Spanyol)

Tak hanya punya klub sepakbola tersohor, Kota Barcelona juga punya gedung pencakar langit yang keren. Gedung itu bernama Torre Agbar dengan ketinggian 142 meter.

Berada di pusat kota, gedung ini beda dengan yang lainnya. Bentuknya lonjong ke atas dan bentuknya mirip silinder. Memang, Torre Agbar memiliki dua lapisan silinder yaitu lapisan aluminium dan kaca tembus pandang dengan 40 warna yang berbeda.

Saat malam, gedung pencakar langit ini terlihat sangat cantik. Dengan totoal 4.500 warna kuning, biru, dan pink dari cahaya lampunya, Torre Agbar mampu membuat turis jatuh cinta saat melihatnya. Biaya pembuatan Torre Agbar menghabiskan biaya USD 130 atau sekitar Rp 1,5 triliun!

 

3. Elephant Tower (Bangkok, Thailand)

Tak hanya wisata kuliner atau kuil saja, Bangkok di Thailand rupanya juga punya gedung pencakar langit yang keren. Inilah Elephant Tower alias gedung berbentuk gajah.

Gajah merupakan hewan yang dihormati di Thailand. Elephant Tower pun jadi kebanggaan masyarakat Bangkok. Gedung pencakar langit ini dibangun tahun 1997 dan punya ketinggian 102 meter.

Di Elephant Tower terdapat kawasan perkantoran, pusat perbelanjaan, dan perumahan mewah. Kalau dilihat dari dekat, bentuknya memang menyerupai gajah lho!

 

4. Bitexco Financial Tower (Ho Chi Minh, Vietnam)

Satu lagi gedung pencakar langit keren di kawasan Asia Tenggara, yaitu Bitexco Financial Tower di Ho Chi Minh. Rancangan gedungnya seperti bunga teratai, bunga nasional di Vietnam.

Tinggi Bitexco Financial Tower mencapai 262 meter. Gedungnya punya heliped di lantai 52 dan menjorok keluar sejauh 22 meter. Hal itulah yang membuatnya terlihat seperti teratai.

Selesai dibangun bulan Oktober 2010, pembuatan Bitexco Financial Tower menelan biaya USD 220 juta atau sekitar Rp 2,6 triliun. Turis pun bisa masuk ke dalamnya ke area Saigon Skydeck. Berada di lantai 47, di sinilah turis bisa melihat Kota Ho Chi Minh dengan pemandangan 360 derajat.

 

5. Kingdom Centre (Riyadh, Arab Saudi)

Kingdom Centre di Riyadh adalah gedung pencakar langit yang tersohor di Arab Saudi. Dibangun tahun 2002, Kingdom Riyadh Centre memiliki tinggi 302 meter dan biaya pembuatannya mencapai USD 1 miliar atau sekitar Rp 12 triliun!

Pembangunan Kingdom Centre tampaknya dikhususkan untuk wanita. Di sinilah terdapat pusat perbelanjaan, bank, dan masjid yang hanya boleh didatangi oleh para wanita.

Masjid di dalamnya berada di lantai 77 dan menjadi ‘masjid tertinggi di dunia. Tak hanya itu, turis juga bisa melihat dengan jelas Kota riyadh dari ketingian di dek onbervasi di bagian puncaknya.

 

(disadur dari detik.com)

liontivi

Media Berita Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *