Suka Minuman Kemasan? Hindari Produk Ini Jika Sedang Diet 

Sharing is caring

Minuman kemasan merupakan hal paling simpel dan mudah didapatkan di era milenial seperti sekarang. Bahkan kerap muncul varian baru dengan judul minuman kesehatan, padahal nutrisinya belum terjamin.

Mayo Clinic mengatakan kebanyakan orang mengkonsumsi gula berlebih tanpa menyadarinya sama sekali. Hal ini dikarenakan terlalu banyak mengkonsumsi gula yang ditambahkan dalam berbagai jenis makanan dan setiap minuman.

Seperti diketahui, gula memiliki kontribusi dalam penambahan kalori. Akan tetapi gula yang terkandung dalam minuman kemasan bukanlah sebuah nutrisi. Melainkan memberikan kontribusi dalam resiko diabetes, obesitas dan penyakit jantung.

Alangkah baiknya, hindari berbagai jenis makanan atau minuman kemasan jika kamu Ingin hidup lebih sehat, terutama jika sedang menjalani program diet. Di bawah ini adalah beberapa golongan minuman yang patut kamu hindari tersebut :

Jus Buah Kemasan

Dilansir Eat This Not That, sangat sulit menghitung berapa jumlah kalori yang terkandung dalam sebotol jus buah kemasan di supermarket. Pasalnya banyak sekali jenis jus buah kemasan yang dipajang di lemari pendingin supermarket mengandung banyak konsentrat buah yang dicampur air.

Jenis minuman buah ini biasanya mengandung gula lebih banyak, bahkan setara dengan kandungan gula dalam satu kaleng soda. Terlebih lagi, minuman jus kemasan ini mengandung gula buatan (glukosa). Dimana zat ini termasuk dalam golongan yang sulit diserap tubuh tanpa insulin.

Fruktosa atau gula dari buah asli yang seharusnya ada tergantikan oleh glukosa. Pasalnya kebanyakan minuman kemasan ini berbahan dasar konsentrat saja bukan buah aslinya. Selain tidak mendapatkan fruktosa, kamu juga kehilangan serat alami yang ada dalam buah segar.

Oleh sebab itu, alih-alih membeli jus buah kemasan alangkah baiknya membuat sendiri jus dari buah yang segar. Agar nutrisinya baik, mudah diserap tubuh dan tentunya menyehatkan.

Diet Soda

Saat ini, muncul varian baru pada jenis minuman bersoda dengan judul diet soda. Kemungkinan kamu pun lebih tertarik mengkonsumsinya karena dianggap rendah gula. Namun ternyata, minuman jenis ini sebenarnya tidak membantu kamu menjalani diet sehat.

Sebab para ahli beranggapan bahwa, diet soda juga memiliki potensi yang sama seperti minuman tinggi gula lain yang menyebabkan obesitas. Bahkan dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan lain apabila terus menerus dikonsumsi. Sebaiknya ubah persepsi kamu yang menganggap minuman ini lebih sehat daripada jenis lainnya. 

Sports Drinks

Jenis minuman dengan klaim sports drinks sebaiknya tidak asal kamu konsumsi begitu saja. Meskipun menawarkan pengganti ion tubuh yang cepat sebab jenis minuman ini mengandung banyak gula.

Namun, tidak masalah jika kamu mengkonsumsinya dengan  kandungan yang seimbang. Kandungannya tidak melebihi 450 miligram natrium, 225 miligram kalium, dan 30 gram gula, untuk kemasan 600 – 700 ml.

Minuman berenergi

Menjadi golongan penyuka minuman berenergi yang membantu menambah stamina? Ketahuilah bahwa jenis minuman ini dapat menimbulkan dampak buruk pada kesehatan lho. Seperti dilansir Healthline, minuman berenergi cenderung memiliki kandungan gula dan kafein yang lebih banyak dibandingkan pada kopi atau teh. 

Minuman berenergi memiliki resiko dalam mempercepat detak jantung, merusak gigi, menambah tekanan darah, merusak gigi dan ginjal serta meningkatkan risiko diabetes. 

Nah, sekarang sudah tahu kan mana yang dapat dikonsumsi jangka panjang dan mana yang tidak? Jadi, masih mau mengkonsumsi minuman kemasan yang membuat diet kamu jadi tidak aman?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.