Suka Ngiler Lihat Makanan di Drama Korea? 5 Makanan Khas Korea Selatan Ini Mirip Loh dengan Indonesia

Maraknya drama Korea membuat banyak orang penasaran dengan kehidupan di negeri gingseng tersebut. Apalagi kalau sudah menyangkut makanan, pasti kita dibikin ngiler deh sama berbagai macam sajiannya.

Uniknya, banyak makanan Korea Selatan yang mirip secara rasa atau bentuk dengan makanan Indonesia lho! Apa saja?

1. Kimbab dan lemper

Kimbab adalah hidangan yang sering dimakan orang Korea Selatan saat sarapan. Terbuat dari nasi yang digulung dengan rumput laut dengan isian wortel, bayam, telur dan daging.

Coba ingat deh ada lho makanan Indonesia yang juga sama seperti kimbab. Yup benar, jawabannya lemper. Bedanya, lemper isinya daging semua. Kalau kamu mau berinovasi bisa kok bikin lemper isi sayuran dan daging, udah mirip deh sama kimbab.

2. Bibimbab dan nasi pecel

Bibimbab ini sebenarnya sajian yang paling gampang lho, isinya cuma nasi, wortel, sayuran hijau lalu diberi saus gochujang dan sedikit minyak setelah itu diaduk jadi satu.

Nah di Indonesia ada lho makanan sejenis itu dan sudah sering kita makan setiap hari yakni nasi pecel. Sama-sama punya konsep nasi dan sayuran yang dicampur. Cuma bedanya nasi pecel menggunakan saus kacang. Nah kalau kamu suka yang mana nih?

3. Kimchi dan asinan

Bagi orang luar Korea Selatan, rasa kimchi mungkin terasa sangat aneh saat pertama mencobanya. Perpaduan asam dan pedas membuat banyak lidah tak kuat merasakannya.

Namun rasa seperti itu sudah ada lho sebenarnya pada makanan Indonesia yakni asinan sayur. Perpaduan sayur segar dengan kuah asinan itu rasanya juga asam pedas kok, persis seperti kimchi.

4. Patbingsoo dan es serut

Patbingsoo ini menjadi dessert kesukaan orang Korea Selatan tatkala musim panas datang. Patbingsoo merupakan es serut yang diberi lelehan susu dan kacang merah di atasnya, rasanya seger banget.

Nah di era sekarang patbingsoo sudah ditambah dengan beberapa topping lainnya agar tampak lebih cantik seperti buah-buahan dan jelly.

Kamu gak perlu ke Korea Selatan kok untuk mencicipi patbingsoo ini karena konsep es serut ini juga sudah ada lama di Indonesia. Bedanya hanya di topping-nya saja.

5. Toppoki dan cilok

Toppoki menjadi camilan setiap orang di Korea Selatan. Terbuat dari tepung beras dengan tekstur memanjang dan berwarna putih, rasa toppoki ini adalah kenyal dan pedas dari saus gochujang.

Nah makanan kenyal di Indonesia ini banyak lho, salah satunya adalah cilok. Yup, secara rasa toppoki ini mirip dengan cilok yang kenyal-kenyal. Apalagi jika ciloknya ditambah saus merah, makin mirip deh sama toppoki.

(disadur dari idntimes.com/Erina Wardoyo)

Portal Media Entertainment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
error

LIONTIVI Portal Media Entertainment