Sukses Pukau Penonton, Denny Malik Beberkan Rahasia Dibalik Tari Garis Nusantara

Tari Garis Nusantara yang merupakan modifikasi Tari Saman dan Tari Ratoh Jaroe berhasil memukau penonton acara Pembukaan Asian Games 2018 di GBK, 18 Agustus 2018 lalu.

Denny Malik dan 40 orang Koreografer berjibaku mengarahkan 4000 penari, termasuk 1600 orang diantaranya siswi 18 SMP dan SMA yang menarikan Tari Garis Nusantara.

Siswi-siswi tersebut melewati audisi dengan mengisi formulir, termasuk putri Denny Malik sendiri, Putu Rania.

“Selama satu bulan saya dengan pelatih lainnya membuat koreografi. Setelah selesai, tim pelatih berpencar ke 18 sekolah di Jakarta. Seperti puzzle, awalnya dilatih perwilayah, sebelum disatukan di GBK,” demikian penuturan Denny.

Melatih hingga ribuan penari tentunya bukan perkara yang gampang. Untungnya kemajuan teknologi dirasakan amat berperan dalam hal ini.

“Secara teknis, para penari memakai earpiece karena ada aplikasi konfigurasi berupa motif kain tenun. Dalam hal ini disediakan 4000 earpiece yang dirasa amat membantu dalam memberikan aba-aba dan arahan…” demikian penuturan panjang lebar Denny Malik.

Dalam membentuk konfigurasi tersebut, 1600 Tari Garis Nusantara ini mengenakan kostum khusus yang memungkinkan mereka berganti pakaian dalam waktu singkat.

“Ada yang dapat 5 lapis, ada yang 6 lapis baju, sesuai bagian patternnya. Dan harus berganti baju dengan waktu 3 detik. Ini sudah ajaib!” pungkas Denny Malik bangga.

 

liontivi

Media Berita Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *