Yuk, Kenali Tanaman Arugula yang Mampu Mendukung Kesehatan Ginjal Ini! 

Sharing is caring

Belakangan, Ginjal menjadi perbincangan publik akibat salah satu bahan yang terkandung dalam obat yang membuat gagal ginjal. Hal ini tentu saja membuat khawatir masyarakat akan kesehatan ginjal yang berperan penting dalam tubuh. 

Sebab, ginjal berperan penting dalam membuang limbah dan racun dari tubuh, serta menjaga keseimbangan cairan tubuh. Ginjal juga dapat menghasilkan hormon untuk mengendalikan tekanan darah dan secara tidak langsung membuat tulang kuat. Karena merupakan organ vital, maka Ginjal harus dijaga dengan baik.

“Ginjal adalah organ yang rumit,” menurut ahli nutrisi Toby Amidor, MS, RD, CDN, FAND.

Oleh sebab itu, ketika terjadi kondisi kerusakan ginjal dan jenis penyakit ginjal yang semuanya membutuhkan terapi nutrisi medis berbeda.”

Jaga Kesehatan Ginjal dengan Sayuran Berdaun Hijau

Mengkonsumsi sayuran berdaun hijau gelap dapat menurunkan resiko penurunan fungsi ginjal dan tentunya akan menjaga kesehatan ginjal. National Center for Biotechnology Information mengatakan dalam studinya bahwa sayuran berdaun hijau gelap sarat akan mineral dan antioksidan sehingga dapat membantu kesehatan ginjal.

“Sayuran hijau dalam diet kita akan membantu menjaga keseimbangan air, garam, dan mineral seperti natrium, kalsium, fosfor, dan kalium dalam darah,” lanjut Amidor.

Arugula menjadi salah satu sayuran berdaun hijau gelap yang disarankan. Sayuran ini berasal dari wilayah Mediterania, memiliki sedikit rasa pedas ketika dimakan. Akan tetapi memiliki kandungan gizi yang beragam. Diantaranya berbagai jenis vitamin dan mineral, seperti vitamin C, vitamin A, vitamin E, vitamin K, asam folat, kalium, hingga fosfor.

Pembeda kandungan nutrisi arugula dan sayuran hijau lainnya terlrtak dalam kandungan fosfor. Mengapa harus Arugula, sebab arugula dapat mencegah penurunan ginjal dan juga sudah terbukti dapat menurunkan tekanan darah. 

National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Disease melaporkan, tekanan darah tinggi yang terjadi secara konsisten dapat membuat ginjal stres dan mengganggu fungsi organ tersebut untuk bekerja sebagaimana mestinya.

“Secara umum tidak ada makanan yang beracun bagi ginjal, karena ginjal diciptakan untuk menyaring racun,” jelas Amidor.

Akan tetapi, jika seseorang memiliki jenis penyakit ginjal tertentu wajib sekali untuk memerhatikan makanan tertentu, karena kemampuan ginjal mereka melemah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *